Ancaman Penjara untuk Keke Dance Challange di Mesir

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 24/07/2018 21:15 WIB
Ancaman Penjara untuk Keke Dance Challange di Mesir Ilustrasi. (Foto: Thinkstock/Mulecan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tantangan menari dekat mobil yang berjalan alias 'Keke Dance Challange' menjadi viral di media sosial.

Banyak yang tergoda untuk menari diiringi lagu 'In My Feeling' milik Drake ini. Namun bagi warga Mesir, menanggapi tantangan ini sama saja menjerumuskan diri ke dalam penjara.

Ajudan Menteri Dalam Negeri Mesir, Magdy El-Shahed, memperingatkan melakukan keke dance challange di jalanan umum sama saja melanggar hukum.


"Pasal 81 pada undang-undang lalu lintas menetapkan penalti setahun penjara dan denda mulai 1000 Pound Mesir (sekitar Rp812 ribu) hingga tiga ribu pondsterling Mesir (sekitar Rp2,4 juta) untuk siapapun yang melanggar peraturan atau membahayakan hidup pengguna jalan lain," kata El-Shahed dikutip dari Ahram, Selasa (24/7).


Ia menuturkan hukuman bisa bertambah jika pelanggar melakukan hal serupa dalam tahun yang sama. Hukuman pun semakin berat jika insiden menyebabkan luka atau kematian pengguna jalan lain.

Pada video keke dance challange menunjukkan pintu mobil yang terbuka selama orang menari. Di Mesir, pengemudi yang mengemudikan mobil dalam kondisi demikian bisa terkena denda mulai 100 - 1.000 Pound Mesir (sekitar Rp81 ribu - Rp812 ribu).

Sementara itu 'demam' keke dance challange sudah mewabah di Mesir. Beberapa orang Mesir memodifikasi tantangan ini dengan menggunakan lagu Arab.

Tagar #KEKE pun jadi populer di negeri piramida ini.


Netizen pun menjawab tantangan ini dengan menari di jalan-jalan di daerah pesisir seperti, pesisir utara dan El-Gouna dekat Hurghada.

Deretan selebritas pun tak segan mengunggah tarian mereka antara lain, aktris Dina El-Sherbini, Yasmin Raies dan Dora Zarrouk. Tak ketinggalan penjaga gawang tim nasional Mesir, Essam El-Hadary pun melakukan keke dance challange.

Hingga kini belum terdapat laporan kecelakaan yang timbul akibat keke dance challange di Mesir. (agr)