Jelang Dieng Culture Festival, Ribuan Kamar Habis Dipesan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 26/07/2018 15:55 WIB
Jelang Dieng Culture Festival, Ribuan Kamar Habis Dipesan Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan DCF merupakan salah satu magnet utama pariwisata Jawa Tengah dengan ramainya pemesanan kamar pelbagai penginapan. (Foto: ANTARA FOTO/David Muharmansyah/kye/17.)
Wonosobo, CNN Indonesia -- Dieng Culture Festival (DCF) 2018 tak salah menjadi daya tarik bagi wisatawan karena ribuan kamar penginapan yang berada di Dieng Kulon, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, sudah dipesan jauh-jauh hari.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan DCF merupakan salah satu magnet utama pariwisata Jawa Tengah dengan ramainya pemesanan kamar pelbagai penginapan.

"Seluruh sektor kebagian rezeki. Apalagi sektor akomodasi. Saya dengar, wisatawan mulai memesan hotel dan homestay di Dieng jauh-jauh hari. Bahkan kini sudah hampir fully booked. Ini tentu luar biasa," kata Arief di Jakarta, Selasa (24/7).



Ketua Kelompok Dieng Pandawa Alif Fauzi mengatakan hampir 1.000 kamar pelbagai penginapan sudah habis terpesan. Namun, kata dia, pihaknya menyediakan penginapan pendukung di desa dekat lokasi acara berlangsung.

"Kurang lebih 1.000 kamar lebih sudah ter-booking. Namun kita masih punya desa wisata penguat sebanyak 200 kamar dengan jarak 1-5 kilometer dari lokasi acara," katanya.

Alif mengatakan banyaknya pengunjung menjadi berkah bagi masyarakat Dieng. Tahun ini DCF juga akan mengikut sertakan masyarakat untuk berperan aktif dan juga panitia bakal membuat atraksi-atraksi baru. Mulai dari Dieng bersih, festival tumpeng, festival bunga hingga festival domba batur.

Festival Tumpeng

Untuk festival tumpeng, bakal ada kirab dan acara makan bersama oleh para pengunjung DCF. Sedikitnya akan ada 50 tumpeng hasil kreasi warga lokal yang disiapkan.

"Tujuannya agar masyarakat terkena dampak pariwisata juga. Semua diajak untuk mensukseskan DCF 2018. Ada yang unik tahun ini. Yaitu Festival Domba. Hal ini juga sebagai bentuk upaya merintis desa wisata lainnya sehingga bisa mengangkat angrowisata domba," katanya.


Ketua Pelaksana Top 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengatakan DCF selalu sukses menarik para wisatawan.

"Performa positif terus ditunjukkan DCF. Sebagai salah satu atraksi pariwisata, event ini selalu sukses dalam setiap penyelenggaraannya," kata dia. (asa)