Ombak India Mulai Jadi Perhatian Surfer Dunia

agr, CNN Indonesia | Jumat, 27/07/2018 13:50 WIB
Ombak India Mulai Jadi Perhatian Surfer Dunia Ilustrasi surfing. (Marcus Dall Col)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama ini kiblat surfing dunia seputar Bali, Hawaii, Australia, dan California. Namun sekarang saatnya para surfer harus melirik India.

Memiliki garis pantai sepanjang lebih dari 7.000 kilometer, bukanlah hal yang mengherankan jika India diberkahi ombak-ombak beragam ukuran.

Ketika sebagian besar infrastruktur yang menunjang kegiatan surfing di India masih belum memadai, Mantra Surf Club sudah menancapkan tonggaknya. Konon inilah klub berselancar pertama di India.


Berada di kawasan terpencil bagian barat daya Karnataka, pendiri Mantra Surf Club sudah melihat potensi dan peluang olahraga ekstrim ini sejak 10 tahun silam.

"India akan berkembang menjadi tempat yang istimewa untuk surfing," ujar instrukstur sekaligus duta surfing Karnataka, Rammohan Parapanje.

"Saat ini kita bisa menikmati pantai yang sepi dan serasa seperti memiliki ombak sendiri. Namun lebih dari itu, unsur kebudayaan yang khas di sini menjadi nilai yang tidak dimiliki oleh tempat lain."

Parapanje mengatakan sebagian besar penduduk India menghindari beraktivitas di laut karena persoalan kebudayaan.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat Paranjape untuk membuka klub surfing.

"Tahun 2007, istilah surfing mungkin tidak terdengar di India. Namun sejak Mantra beroperasi, ribuan orang tertarik untuk belajar surfing. Mulai dari atlet kriket terkenal hingga bintang Bollywood," kata salah satu pria yang masuk dalam golongan generasi pertama surfing di India.

Menurutnya surfing lebih dari sekadar olahraga, namun jalur hidup. Karena dari surfing orang bisa lebih menghargai alam dan lingkungan.

Surfing, ia melanjutkan, juga bisa memiliki dampak yang besar terhadap kehidupan seseorang. Baik itu secara fisik maupun mental.

"Surfing bisa membuat seseorang lebih bijak, karena ia merasa dirinya sangat kecil di lautan. Dan kebanyakan surfer memiliki kepedulian yang besar terhadap lingkungan hidup, khususnya yang berkaitan dengan pantai," katanya.

Satu hal yang membuat India berpeluang mencuri perhatian surfer dunia adalah yoga. Sebagai pusat yoga dunia, India pasti memiliki nilai lebih bagi para surfer yang notabene juga pecandu ketenangan.




(ard)