Pertunjukan Budaya Hingga Konser Musik di Festival Cianjur

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 28/07/2018 19:40 WIB
Pertunjukan Budaya Hingga Konser Musik di Festival Cianjur Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung festival di berbagai penjuru nusantara untuk memajukan pariwisata Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabupaten Cianjur menggelar rangkaian acara spektakuler dalam memperingati dua momen bersejarah.

Acara 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival 2018 dirilis Sabtu (28/8) pagi. Warna yang diapungkan kebesaran nusantara hingga aktivitas budaya. Rangkaian pestanya ditutup pertunjukan band Padi Reborn.

"70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival memang event spektakuler. Festival ini akan jadi fenomena budaya. Sebab, melibatkan seluruh daerah di Indonesia. Agendanya juga digelar sangat padat. Pokoknya ini luar biasa dan jangan sampai dilewatkan," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, Rabu (25/7).

Lokasi acara ini berada di Lapangan Prawatasari Cianjur, Jalan Pangeran Hidayatullah, Joglo. Tema besar yang disajikan adalah 'Semarak Budaya Bhinneka Tunggal Ika', sesuai dengan momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73.

Selain HUT RI, 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival merupakan pesta perayaan Hari Jadi Kabupaten Cianjur ke-341. Dengan semangat itu, sedikitnya tiga konten yang bisa dinikmati pengunjung.
Ada Karnaval Budaya Nusantara, Aktivitas 7 Pangung Budaya, hingga Konser Kemerdekaan.

"Cianjur ini memiliki momentum bagus untuk menyajikan kemeriahan pesta," terang Arief.

Menegaskan kekayaan budaya Indonesia, tampilan warna warni pluralisme disajikan dalam Karnaval Budaya Nusantara. Pesertanya pun spesial karena melibatkan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.


Datang mewakili provinsi masing-masing, latar belakang mereka beragam. Mulai kecamatan, BUMD, hingga organisasi kepemudaan. Mereka akan menampilkan kostum terbaik dan ragam potensi wilayah masing-masing.

Seluruh masyarakat Cianjur juga ikut berpartisipasi, dari anggota Paskibra Cianjur, TNI, Polri, juga berbagai komunitas. Ikut meramaiakn juga Kuda Kosong hingga kalangan pelajar SMP dan SMA yang mengenakan cosplay pahlawan dan kostum tokoh budaya.

"Event 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival ini digelar kolosal. Keindahan nusantara ditampilkan seluruhnya. Kekayaan ini tentu semakin menyempurnakan pesona festival ini," kata Menpar lagi.
Memajang Kebhinnekaan Tunggal Ika, catwalk panjang sudah disiapkan oleh 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival. Dimulai di kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan, Cianjur, karnaval ini akan melewati beberapa distrik keramaian. Lokasi finisnya berada di panggung kehormatan Jalan Siliwangi. Lalu, seluruh peserta menuju Lapangan Prawatasari. Mobil hias diparkir di Jalan Pangeran Hidayatullah.

Kepala Bidang Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan menuturkan parade seni budaya akan menjadi menu berikutnya di Lapangan Prawatasari. Total ada tujuh panggung yang sudah disiapkan untuk mengakomodir berbagai kreativitas. Panggung pun diberi nama unik khas Cianjur, seperti Ngaos, Mamaos, Tangginas, Someah, hingga Sauyunan.

Wawan Gunawan menjamin acara ini bisa menarik kunjungan wisatawan.

"Kami optimistis event 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival ini bisa menarik kunjungan wisatawan dalam jumlah besar. Momentumnya di akhir pekan dan menjadi rangkaian perayaan dua event besar. Malam akhir pekan di sini dijamin semakin meriah dengan kehadiran artis-artis terbaik," ujarnya.

Menjadi puncak pesta 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival, Konser Kemerdekaan akan disajikan. Digelar mulai pukul 20.00 WIB dengan kehadiran Gita (DA3), Denias, Imenk (Mahkota), Iman (D'Meises), dan Nova (The Winner). Adrenalin dijamin naik kala grup band Padi Reborn naik panggung mulai pukul 22.00 WIB hingga selesai. Performa Padi Reborn menjadi penutup seluruh rangkaian pesta.

"Musik-musik yang disajikan penuh warna, bahkan ada juga lagu-lagu perjuangan. Semua aransemen yang disajaikan pasti lebih menarik. Bagi penggemar musik dangdut, silahkan bergoyang. Tapi, harus tertib. Event 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival ini pasti akan meningalkan kesan, apalagi band Padi Reborn diplot sebagai penutupnya," kata Wawan. (stu)