Poros Udara Danau Toba-Malaysia Dibuka 17 Agustus

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 01/08/2018 10:05 WIB
Poros Udara Danau Toba-Malaysia Dibuka 17 Agustus Pemandangan Danau Toba dilihat dari Panatapan Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malindo Air dan AirAsia bakal membuka rute Danau Toba-Malaysia yang salah satunya bakal diresmikan pada Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti.

"Kami menyambut gembira segera aktifnya rute Danau Toba-Malaysia. Nantinya, kawasan ini akan terhubung dengan dua kota di Malaysia," ungkap Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, Senin (30/7).

Rapat pematangan pembukaan rute baru bakal digelar di Silangit, Tapanuli Utara pada Kamis nanti. Rapat juga bakal mengundang Malindo Air, AirAsia serta pemangku kepentingan lainnya.

Mengacu data Angkasa Pura II, Bandara Silangit dilewati oleh 282.240 orang di sepanjang 2017 atau melebihi target yakni 250.000 orang. Hingga Maret lalu, penumpang mencapai 100.311 orang atau melonjak dari 62.246 orang dibandingkan dengan periode yang sama pada 2017.


Hingga Maret lalu, pergerakan pesawat di Bandara Silangit mencapai 1.242 pesawat atau meningkat dari 846 pergerakan pesawat pada periode sama di tahun sebelumnya.

Malindo sendiri bakal meluncurkan penerbangan perdananya pada 17 Agustus nanti.

"Momentum flight perdana yang dipilih Malindo Air ini sangat tepat. Bersamaan dengan HUT RI ke-73, suasana di Kawasan Danau Toba pasti sangat meriah. Sebab, pesta rakyat ada di mana-mana," kata Pitana.



Maskapai itu juga sudah menjual tiket dengan mata uang berbeda untuk menghubungkan perjalanan dari Bandara Sultan Abdul Aziz Shah di Subang, Malaysia ke Bandara Silangit, Sumatera Utara. Untuk rute Subang-Silangit, tiket dijual seharga RM189. Penerbangannya dilakukan pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu pukul 13.45 waktu setempat.

Untuk penerbangan Silangit ke Subang, tiket dijual seharga Rp674 ribu. Penerbangannya dilakukan Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu pukul 14.50 WIB.

Sumpah Pemuda

Sedangkan AirAsia bakal meluncurkan penerbangan perdana pada 28 Oktober nanti atau bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Pada rute Kuala Lumpur-Silangit, penerbangan akan dilakukan pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu pada pukul 10.40 waktu setempat. Hari penerbangan yang sama dipilih AirAsia dari Silangit ke Kuala Lumpur dengan jadwal pukul 11.25 WIB.


"Mengambil momen di hari nasional, inaugural flight ini tentu memiliki makna luar biasa. Kami yakin, kehadiran dua maskapai ini akan membuat Kawasan Danau Toba semakin maju. Sebab, dua maskapai ini juga memiliki jumlah pelanggan yang besar," ujar Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni.

Kehadiran rute internasional baru di Bandara Silangit diapresiasi oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dia mengatakan rute Silangit-Malaysia akan membantu Silangi menjadi poros industri.

"Kawasan Danau Toba ini luar biasa eksotisnya. Atraksi, aksesibilitas, dan amenitasnya bagus. Jumlah arus wisatawan juga sangat positif.  Kehadiran Malindo beserta AirAsia akan mempercepat poros utama menuju Silangit menjadi industri," katanya. (asa)