Keharuan Arief Yahya Usai Penyelamatan Wisatawan di Rinjani

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 01/08/2018 09:45 WIB
Keharuan Arief Yahya Usai Penyelamatan Wisatawan di Rinjani Wisman Thailand di hotel Lombok Raya. Sebanyak 269 wisman Thailand berhasil dievakuasi dari Gunung Rinjani dalam keadaan selamat. (Dok. Kementerian Pariwisata)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan kegembiraan sekaligus keharuannya terkait dengan sejumlah wisatawan mancanegara yang selamat karena gempa di Lombok.

"Alhamdulillah, semua anak-anak muda wisatawan Thailand selamat," kata dia.

Dia menuturkan keharuannya karena kebersamaan pelbagai pihak dalam upaya menyelamatkan wisawatan asal Thailand itu dari lokasi Segara Anak dan puncak Rinjani. Sebelumnya diketahui, terjadi gempa 6,4 SR yang melanda Lombok, NTB.



Dia menuturkan ada sekitar 300 turis Thailand yang masih berada di Rinjani, dengan 174 di antaranya berada di puncak saat gempa terjadi. Arief menyatakan kebahagiaannya melihat hasil kerja kemanusiaan yang dilakukan oleh pelbagai pihak.

"Tidak sia-sia, kita bekerja untuk kemanusiaan, rasa capek dan ngantuknya hilang!" ujarnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan terima kasihnya kepada Poltekpar Lombok, Kadispar NTB, Tim Crisis Center Kemenpar dan lima asosiasi industri pariwisata yang kompak dan bekerja dengan hati.


Asosiasi itu terdiri dari APHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) NTB, ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies) NTB, INCCA (Indonesian Congress and Convention Association) NTB, IMA (Indonesia Marketing Assosiation) NTB dan ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia).

Sang menteri juga berterima kasih pada Presiden Joko Widodo yang langsung turun ke lapangan meninjau korban gempa. (asa/asa)