Rekomendasi Kuliner

Rekomendasi 5 Tempat Makan Halal di Hong Kong

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 03/08/2018 19:17 WIB
Rekomendasi 5 Tempat Makan Halal di Hong Kong Ilustrasi. CNN Indonesia/Suriyanto
Jakarta, CNN Indonesia -- Fasilitas ramah umat Islam menjadi daya tarik sendiri bagi turis muslim dalam setiap agenda pelesirnya. Tempat ibadah hingga ketersediaan makanan halal jadi beberapa hal yang wajib diperhatikan betul-betul.

Beberapa negara di dunia tercatat sudah sadar betul soal fasilitas ramah muslim ini, salah satunya adalah Hong Kong. Meski jumlahnya belum banyak, tapi sejumlah kafe dan restoran bersertifikasi halal dapat ditemui dengan mudah di Hong Kong.

"Karena permintaan dan kunjungan wisatawan muslim meningkat, pemerintah secara agresif menambah banyak fasilitas ramah muslim," ujar perwakilan Hong Kong Tourism Board, Rabiatus Tsaniyah, saat peluncuran Neighbourhoods of Hong Kong di Jakarta, beberapa waktu lalu.



Berikut lima rekomendasi tempat makan halal di Hong Kong yang sudah mendapat sertifikat halal dari Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong.

1. Ma's Restaurant

Rumah makan yang telah berdiri sejak 40 tahun lalu ini menyajikan menu khas Hong Kong dengan sedikit cita rasa Cina. Restoran ini terkenal dengan hidangan ayam, daging sapi, dan kari ayam yang lezat.

Beef pancake, sichuan chicken, lamb roll dan pop pan--roti polos pengganti nasi--merupakan menu andalan dari Ma's Restaurant.

Ma's Restaurant berada di Shop A, 21-25 Cheung Sha Wan Road yang dapat dijangkau dengan stasiun MTR terdekat, Prince Edward Station, Exit E. Restoran ini buka setiap hari pukul 11.30 hingga 23.00.

2. Ebeneezer's Kebabs & Pizzeria

Restoran ini menawarkan beragam pilihan kebab dan pizza yang terbuat dari bahan-bahan halal. Menu chicken tikka kebab dengan manggo lassi juice merupakan paduan yang pas untuk dinikmati dari restoran ini.

Restoran yang berdiri sejak 1993 ini juga menyediakan aneka salad dengan 12 pilihan dressing yang dapat diminta sesuai selera.

Ebeneezer's Kebabs & Pizzeria terletak di Shop G01C, G/F, Astoria Building, 24-38 Ashley Road, kawasan Tsim Sha Tsui. Stasiun MTR terdekat adalah Tsim Sha Tsui Station Exit H. Selain itu, restoran ini juga memeliki beberapa cabang yang tersebar di seluruh Hong Kong. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hinngga lewat tengah malam.


3. Islamic Centre Canteen

Kantin yang terletak di Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, 40 Oi Kwan Road, Whan Cai ini menyajikan banyak menu khas Hong Kong yang terbuat dari bahan halal.

Salah satunya adalah dim sum yang menggunakan daging ayam, sapi, dan udang. Beberapa menu andalan yang dimiliki tempat ini di antaranya siu mai, har gow, xiao long pao, dan steamed glutinous rice with chicken in lotus leaf.

Bagi Anda yang mencari makan malam, kantin ini menyediakan sajian cita rasa Kanton yang halal. Boleh dibilang kantin ini menjadi satu-satunya tempat yang menyajikan hidangan Kanton halal.

4. Panda Cafe Food To Go & Dive Into A Float

Terletak di Ocean Park, dua kafe halal ini bisa jadi pilihan saat sedang berlibur di taman bermain yang menjadi destinasi utama di Hong Kong. Panda Cafe Food To Go berada di Amazing Asian Animals, sedangkan Dive Into A Float terletak di sekitaran Marine World.

Hainan chicken rice, ayam tandoori, dan garden green salad menjadi menu andalan di dua lokasi ini yang beroperasi setiap hari sejak pukul 10.00 hingga 19.30.

5. Tahitian Terrace & Explorer's Club

Selain Ocean Park, taman bermain Disneyland juga menyediakan dua restoran halal. Keduanya adalah Tahitian Terrace di zona Adventure Land dan Explorer's Club di zona Mystic Point.

Seperti namanya, Tahitian Terrace menyediakan menu masakan khas Asia Selatan seperti India. Sedangkan Explorer's Club menyajikan menu dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dua restoran ini buka setiap hari pukul 11.30 hingga pertunjukan Disney in the Stars dimulai. (asr/chs)