Waspada Momo Challenge, Tantangan Viral yang Lebih Menakutkan

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 07/08/2018 09:12 WIB
Waspada Momo Challenge, Tantangan Viral yang Lebih Menakutkan Ilustrasi. Foto: Pixabay.com
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah dibikin mabuk oleh Keke dan Zoom Challenge, kini warganet dihadapkan oleh tantangan virtual teranyar. Tantangan baru ini bahkan disebut-sebut menimbulkan marabahaya. Tak main-main, Momo Challenge yang kini tengah viral menebar ketakutan dan mengajak peserta tantangan untuk bunuh diri.

Momo Challenge adalah tantangan yang mengajak peserta untuk mengikuti sebuah permainan. Tantangan ini dimulai ketika peserta menghubungi kontak Momo di platform WhatsApp.

Setelah terhubung, Momo bakal meminta peserta tantangan untuk melakukan beberapa tindakan yang justru menyakiti diri sendiri. Bahkan, tantangan itu bisa menjurus pada seruan untuk bunuh diri.



Unit Investigasi Kejahatan Komputer Meksiko menyebutkan bahwa penyebaran permainan ini berawal dari Facebook, di mana sejumlah anggotanya berkomunikasi dengan orang tak dikenal via WhatsApp.

Peserta Momo Challenge melaporkan bahwa dalam tantangan itu, Momo bakal mengirimkan gambar dengan beberapa arahan berbau kekerasan. Jika peserta tantangan tak mengikuti perintah permainan itu, mereka bakal mendapat ancaman yang menakutkan.

The Sun menuliskan bahwa Momo berasal dari nama akun media sosial yang ada di WhatsApp, Facebook, dan YouTube. Sosoknya digambarkan sebagai wajah perempuan menyeramkan dengan mata yang terbelalak seperti monster, senyuman garing, dan rambut kusut yang panjang serta dibiarkan terurai. Rupa itulah yang menjadi avatar nomor yang bersangkutan. Avatar itu diketahui merupakan karya dari perupa Jepang bernama Midori Hayashi yang tidak terkait dengan permainan ini.

Tantangan ini tengah viral dan banyak diikuti oleh warga Eropa, Amerika Serikat, dan Amerika Latin.

Laporan dari Buenos Aires Times menyatakan bahwa kepolisian di Argentina mengaitkan Momo Challenge dengan kematian seorang remaja 12 tahun lantaran bunuh diri. Sejak itu, kepolisian Argentina juga langsung mengeluarkan peringatan waspada kepada para orang tua.


Kini, pihak kepolisian tengah memburu orang di balik kontak Momo tersebut.

Sampai sejauh ini, belum diketahui secara pasti seberapa luas gim Momo Challenge ini beredar. Pihak berwajib baru mengaitkan permainan dengan upaya sekelompok orang untuk mencuri data dan memeras orang di internet, serupa dengan modus Blue Whale Challenge yang viral beberapa waktu lalu.

Rodrigo Nejm dari NGO Safenet menduga hal yang sama. Kepada BBC News Portugal, dia menyebut bahwa agak sulit untuk melacak Momo di WhatsApp. Pasalnya, nomor itu terkoneksi dengan tiga nomor telpon dari Jepang, Kolumbia, dan Meksiko.


Sementara itu, representatif dari WhatsApp menyatakan siap untuk memblokir nomor yang dikaitkan dengan Momo Challenge jika mendapat laporan dari pengguna.

"WhatsApp sangat peduli dengan keamanan pengguna kami. Sangat mudah untuk memblokir nomor telepon apa pun dan kami mendorong pengguna untuk melaporkan setiap masalah kepada kami sehingga kami dapat mengambil tindakan," kata perwakilan WhatsApp dalam sebuah pernyataan melalui email kepada Fox News. (asr/chs)