Tips Meracik Scrambled Egg yang Menggoda ala Gordon Ramsay

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 08/08/2018 08:13 WIB
Tips Meracik Scrambled Egg yang Menggoda ala Gordon Ramsay Ilustrasi. (Foto: AFP PHOTO / JOHN THYS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telur orak-arik adalah salah satu santapan paling asyik dan mudah. Biasanya, ia menjadi teman sarapan berpasangan dengan segepok roti panggang atau menjadi pelengkap sarapan sosis dan kentang.

Kesempurnaan telur orak-arik atau yang biasa disebut dengan scrambled egg terletak pada teksturnya yang lembut dan tak mengering di bagian atas. Tentu dibutuhkan sederet cara yang tak mudah-mudah amat untuk mendapatkan telur orak-arik yang sempurna.

Koki internasional, Gordon Ramsay menilai kalau sebagian besar orang masih banyak melakukan kesalahan saat meracik variasi telur yang satu itu.



Ramsay sendiri punya cara unik dalam meracik scrambled egg yang nikmat. Tidak membumbui, tidak mengocok, dan membiarkan telur panas dengan sendirinya adalah sejumlah rahasia meracik scrambled egg ala koki berusia 51 tahun itu.

Bagi Ramsay, pemberian bumbu di awal pada telur adalah sebuah kesalahan. "Jangan membumbuinya, karena jika Anda memberikan garam, itu akan memecah telur dan membuatnya menjadi berair," ujarnya dalam sebuah video di platform YouTube, mengutip The Independent.

Kesalahan lain yang banyak dilakukan saat membuat telur orak-arik, menurut Ramsay, adalah mengocok telur sebelum dimasak. "Jangan mengocok telur," ujar koki kelahiran Skotlandia 1966 ini. Menurutnya, mengocok telur bakal membuat tekstur telur pecah sebelum waktunya.

Untuk hasil yang lebih sempurna, Ramsay menganjurkan untuk langsung memasukkan telur yang telah dipecahkan ke dalam teflon dan menambahkan satu hingga tiga sendok mentega.

[Gambas:Youtube]

Saat api sudah dinyalakan, barulah telur boleh diaduk. "Seperti risotto, Anda tidak boleh berhenti mengaduk," ucap Ramsay yang mendapatkan predikat sebagai koki bintang tiga dari Michellin ini.

Selain itu, bagi Ramsay, scrambled egg bakal tersaji sempurna jika dimasak dengan panas api yang berselang-seling. "Jauhkan dari panas, lalu kembalikan ke panas, dan jauhkan dari panas," kata Ramsay. Teknik itu diperlukan untuk menghasilkan scrambled egg yang creamy, lembut, dan menggugah selera.

Nah, untuk memberi rasa pada racikan scrambled egg, berikan sedikit garam, lada hitam, dan satu sendok teh creme fraiche sesaat sebelum telur diangkat.

Selanjutnya, Anda bakal melihat racikan scrambled egg ala Gordon Ramsay yang bakal lebih menggiurkan. Agar lebih nikmat, padukan telur orak-arik ini dengan sajian tomat dan jamur. (asr/chs)


BACA JUGA