Ron Gunung, Cara Unik Menikmati Gunung Gamalama

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 07/08/2018 19:28 WIB
Ron Gunung, Cara Unik Menikmati Gunung Gamalama Perairan yang mengelilingi Gunung Gamalama di Ternate. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wisata Ron Gunung atau mengelilingi kaki Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) semakin diminati wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Ternate Samin Marsaoly mengatakan kalau wisata Ron Gunung jadi diminati karena di sepanjang jalurnya turis disuguhi oleh beragam objek wisata menarik sekaligus panorama yang indah.

"Hampir semua wisatawan yang berkunjung di Ternate selalu ingin menikmati wisata Ron Gunung, baik dengan memanfaatkan pemandu wisata maupun sendiri," kata Samin seperti yang dikutip dari Antara pada Selasa (7/8).


Atraksi wisata ini memiliki jarak tempuh sekitar 44 kilometer. Biayanya Rp300 ribu per orang dengan menumpang mobil atau Rp100 ribu per orang dengan motor.

Samin lanjut mengatakan sejumlah objek wisata yang bisa dinikmati turis selama Ron Gunung ialah Benteng Oranje, Benteng Toloko, Benteng Kastela, Benteng Kalamata dan Kedaton Kesultanan Ternate.

Selain itu objek wisata alamnya berupa seperti Pantai Tobololo, Pantai Sulamadaha dan Pantai Jikomalamo serta objek wisata alam berupa Danau Tolire, Danau Ngade dan panorama Gunung Gamalama yang selalu mengeluarkan asap.

Dalam perjalanan mengelilingi kaki Gunung Gamalama itu turis juga bisa menyaksikan hamparan perkebunan cengkih dan pala serta sejumlah sentra usaha pengolahan pala, seperti pembuatan sirup pala dan minyak cengkih serta kerajinan batik dan besi putih.

Samin menambahkan, Pemkot Ternate kini terus membenahi fasilitas seluruh objek wisata yang ada di jalur jalan lingkar Ternate, seperti penyediaan toilet dan tempat parkir untuk memberi kenyamanan kepada setiap turis yang berkunjung.

[Gambas:Video CNN]


(ard)