Menangkap Gelagat Perselingkuhan si Dia

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 15/08/2018 19:01 WIB
Menangkap Gelagat Perselingkuhan si Dia Ilustrasi. Foto: AFP PHOTO / VLADIMIR SIMICEK
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak mudah untuk menerima perselingkuhan. Mental yang kuat kudu disiapkan jika sewaktu-waktu pasangan Anda terpergok berselingkuh.

Perubahan gelagat dan perilaku dapat menjadi salah satu tanda bahwa pasangan memiliki pujaan hati lain alias berselingkuh.

Konon, seseorang yang kerap berselingkuh selalu menunjukkan pola yang sama. Tom Martin, seorang eks-agen federal yang kerap menerima tugas untuk melacak pasangan yang berselingkuh, menyebutkan hal itu.



Meski perubahan gelagat itu ada, akan lebih baik jika Anda mengetahui tanda-tanda apa saja yang bisa mendeteksi perselingkuhan si dia.

Martin membagikan hasil pengamatannya selama 40 tahun melacak perselingkuhan orang dalam sebuah buku berjudul Seeing Life Through Private Eyes. Dalam buku itu, Martin mengungkapkan 20 tanda-tanda perselingkuhan.

Ada beberapa tanda yang paling lumrah dilakukan. Sebut saja soal kebiasaan seseorang berlama-lama berada di tempat kerja, alasan perjalanan bisnis, seks yang berkurang, dan kerap membela diri.


Selain itu, komitmen pergi ke gym atau pakaian baru juga menjadi tanda pasangan tengah memperbaiki diri untuk orang lain.

Jika hanya dua tanda yang ditemukan, maka Anda tak perlu khawatir. Sebaliknya, jika ada lebih dari empat tanda ditemukan, artinya hubungan Anda sedang bermasalah.

"Jika melihat ada satu atau dua tanda berati itu bukan masalah, karena semua hubungan mengalami perubahan. Tetapi jika pasangan Anda memiliki tiga atau empat, artinya Anda memiliki masalah," kata Martin.

Berikut 20 tanda-tanda pasangan selingkuh, melansir The Independent.

1. Kebiasaan berubah
2. Meninggalkan rumah lebih awal dan pulang terlambat
3. Perjalanan bisnis
4. Pergi berlibur atau absen di acara keluarga
5. Lembur berlebihan
6. Pengeluaran yang tak wajar
7. Akun rahasia (Instagram, alamat surel, dan lain-lain)
8. Tagihan kartu kredit tersembunyi
9. Perawatan ekstra
10. Aroma orang lain (seperti lipstik di kerah)
11. Membeli hadiah
12. Barang-barang yang tak dapat dijelaskan
13. Bergabung mengikuti gim
14. Panggilan tidak terjawab dari nomor tak dikenal
15. Pesan berkode rahasia
16. Hubungan seks berkurang
17. Sering membela diri
18. Berbohong
20. Benci kejutan seperti kunjungan tak terduga

Di luar 20 tanda yang disebutkan di atas, Martin mengimbau agar Anda tak menganggap remeh pertanda lain yang pasti muncul saat si dia berselingkuh. Pertanda itu adalah intuisi.

"Pasalnya, setiap orang umumnya dapat mengetahui jika kekasihnya tidak jujur," kata dia. (asr/chs)