Kuil Gotokuji, Spot Foto Instagram-able di Tokyo

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 07/08/2018 16:40 WIB
Kuil Gotokuji, Spot Foto <i>Instagram-able</i> di Tokyo Turis melintas di area Kuil Gotokuji, Tokyo, Jepang. (AFP PHOTO / Martin BUREAU)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuil Gotokuji merupakan salah satu tempat ibadah pemeluk agama Buddha di Tokyo, Jepang. Selain khusyuk, kuil itu juga memberi nuansa imut karena banyak patung kucing putih yang dipajang.

Sebanyak 10 ribu patung kucing putih--atau yang disebut maneki-neko dalam bahasa Jepang, yang dipajang merupakan simbol keberuntungan bagi umat Buddha.

Puluhan ribu patung kucing putih itu memiliki pose seragam: sedang tersenyum manis dengan satu tangan terangkat ke atas.


Pemandangan unik tersebut tentu saja membuat banyak turis narsis berdatangan untuk berfoto.

"Saya mencari lokasi yang Instagram-able di Tokyo melalui internat dan tempat ini keluar dalam pencarian," kata turis asal Hong Kong, Emily Lin, yang ditemui sedang berkunjung ke Kuil Gotokuji.

"Kucing memang menjadi simbol keberuntungan dalam budaya Jepang," lanjutnya.

Turis asal Taiwan, Ying-Chi Hsueh, juga memiliki opini yang sama terkait menariknya suasana di kuil ini.

"Sebelumnyas saya melihat foto-foto kuil ini di Instagram dan saya langsung mendatanginya dengan bantuan aplikasi peta Google Maps," katanya.

Sejak akhir pekan kemarin semakin banyak turis yang berdatangan ke Kuil Gotokuji untuk menyemarakkan Hari Kucing Sedunia yang jatuh pada hari Rabu (8/8).

Pengelola kuil mengatakan kalau penempatan patung kucing sudah sejak abad ke-15.

Saat itu seorang biksu memelihara kucing putih yang diberi nama Tama, yang lalu berubah menjadi ksatria tangguh dengan cakar serupa samurai tajam.

[Gambas:Instagram]

Kekuatan Tama digunakan saat sang majikannya terjebak dalam badai besar. Sejak saat itu namanya menjadi legenda yang harum.

Tak hanya Jepang, kucing putih menjadi simbol keberuntungan di kawasan Asia lainnya.

Patung-patung maneki-neko sering ditemui sedang dipajang di mal besar sampai warung kecil.

"Patung maneki-neko mengingatkan Anda untuk terus merasa bersyukur dengan segala yang dimiliki dan ditemui," kata ketua biksu Kuil Gotokuji, Tessai Kasukawa.

"Perasaan bersyukurlah yang sebenarnya membuka pintu keberuntungan lebih lebar," lanjutnya.

Tampaknya patung kucing putih membawa keberuntungan juga bagi Kuil Gotokuji yang semakin ramai didatangi turis dari penjuru dunia.

"Menjelang Olimpiade Tokyo 2020, kami kedatangan lebih banyak turis asing, yang membantu menyebarkan kepopuleran kuil ini," ujar Kasukawa.

(ard)