Hari Kucing Sedunia

Tips Membawa Kucing saat Berwisata

agr, CNN Indonesia | Rabu, 08/08/2018 12:50 WIB
Tips Membawa Kucing saat Berwisata Ilustrasi (Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bisa dikatakan kucing adalah salah satu hewan yang paling akrab dengan manusia, sejarah pun mencatat sejak zaman mesir kuno hewan berkaki empat ini selalu dijadikan kawan bahkan dipuja-puja layaknya dewa.

Namun memelihara hewan ini terbilang susah-susah mudah, apalagi jika ingin mengajaknya sebagai rekan perjalanan.

Mengutip dari travel and leisure, berikut adalah tips berwisata bersama kucing.


1. Membiarkan kucing beradaptasi dengan lingkungannya

Tidak seperti manusia, kucing memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Bersabar adalah kunci untuk menghadapi kucing dalam hal ini.

2. Buatlah kucing merasa aman

Dianugerahi penciuman dan pendengaran yang peka, membuat kucing selalu waspada dalam segala hal. Untuk itu buatlah mereka merasa aman dengan cara menempatkannya di tas ransel atau jaket.

3. Perhatikan asupan makanan

Kucing dikenal rentan sakit jika dibawa dalam perjalanan, untuk itulah asupan makanan diperlukan utuk menjaga kondisi kesehatan kucing. Perhatikan juga kebutuhannya untuk minum, jangan sampai kurang.

4. Perkenalkan dengan 'rumah baru' di perjalanan

Memperkenalkan kucing dengan 'rumah baru' atau tempatnya selama dalam perjalanan, akan membantu kucing untuk meningkatkan kenyamanan. Setidaknya perkenalkanlah rumah barunya itu sebulan sebelum melakukan perjalanan.

5. Perhatikan periode vaksinasi

Sebagian besar maskapai akan meminta rekman medis terkait waktu vaksinasi hewan peliharaan. Untuk menghindari kekacauan rencana dalam perjalanan, sebainya lakukan vaksin sebelum melakukan perjalanan.

6. Pesan pesawat yang tidak transit

Perjalanan yang panjang dan lama bisa menjadi pemicu stres bagi kucing. Untuk meminimalisirnya, hindarilah pesawat yang tidak transit atau tidak transit dalam waktu lama.

7. Pastikan kucing sehat

Jangan pernah memaksakan kucing pergi jika kondisinya tidak sehat, karena hewan ini sangat rentan terhadap penyakit. (ard)