Hari Kucing Sedunia

5 Ras Kucing Termahal di Dunia

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 08/08/2018 12:00 WIB
5 Ras Kucing Termahal di Dunia Kucing Persia (Istockphoto/Olivia7)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanggal 8 Agustus setiap tahunnya didedikasikan untuk binatang nan lucu dan menggemaskan yakni kucing. Hari ini diperingati sebagai Hari Kucing Internasional atau International Cat Day.

Perayaan khusus untuk kucing sedunia ini awalnya dibuat oleh International Fund for Animal Welfare pada 2002. Kini, Hari Kucing Internasional diperingati dengan beragam cara mulai dari perayaan sekadar 'kumpul-kumpul kucing,' kampanye keselamatan kucing, hingga kontes kucing.

Kontes kucing itu biasanya menampilkan kucing-kucing berbakat atau paling cantik dari berbagai ras. Rata-rata kontes ini diikuti oleh ras kucing termahal di dunia.


 
Ras kucing termahal ini dapat mencapai US$100 ribu atau lebih dari Rp1,4 miliar.

Berikut merupakan ras kucing termahal di dunia:

1. Ashera
Ashera dikenal sebagai kucing hibrida Afrika dan kucing macan Asia. Kucing peliharaan yang paling langka di dunia ini terkenal karena kecerdasan, kasih sayang, dan kesetiaannya.

Destination Luxury mencatat harga kucing ini dapat mencapai US$15 ribu hingga U$100 ribu atau Rp216 juta hingga Rp1,4 miliar.

2. Savannah
Posisi kedua ditempati kucing dengan ras Savannah yang juga berasal dari hibrida Afrika. Savannah merupakan hasil persilangan dari kucing serval dan domestik di Afrika. 

Kucing ini sering kali disamakan dengan anjing karena kesetiannya. Di sisi lain, laporan People menyebut sebanyak 50 persen dari generasi pertama ras Savannah merupakan kucing liar.

Harga Savannah berkisar US$1.500 hingga US$50 ribu atau  Rp21 juta hingga Rp722 juta.


3. Bengal
Ras Bengal populer karena kecantikan dan keindahan bulunya yang berasal dari persilangan kucing domestik dan Kucing Leopard Asia. Bengal baru dapat dijadikan hewan piaraan setelah melalui tiga generasi.

Seekor ras Bengal dapat mencapai US$1.000 hingga US$25 ribu atau berkisar Rp14,5 juta hingga Rp360 juta.

4. Allerca Hypoallergenic Cat
Allerca Hypoallergenic Cat merupakan kucing yang tidak memiliki gen penyebab alergi pada manusia. 

Jenis kucing ini merupakan hasil penelitian dari Lifestyle Pets. Para peneliti menghapus atau menonaktifkan gen penyebab alergi itu. Harga Allerca Hypoallergenic Cat berkisar US$6 ribu atau Rp86 juta.

5. Persia
Kucing yang berasal dari dataran Timur Tengah ini merupakan  ras kucing piaraan paling favorit. Persia terkenal dengan bulu lebat, mata indah dan tingkah laku yang manis. Kucing ini kerap memenangkan beragam kontes.

Harga seekor Persia berkisar US$500 hingga US$5.500 atau sekitar Rp7,2 juta hingga Rp80 juta. (chs)