Menpar Thailand Imbau Turis Waspada Banjir

REUTERS, CNN Indonesia | Kamis, 09/08/2018 14:09 WIB
Menpar Thailand Imbau Turis Waspada Banjir Pemandangan kawasan Phetchaburi, Thailand, Thailand, pada Rabu (8/8). (Government House/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musim bencana sedang terjadi di mana-mana. Setelah gelombang panas di Jepang, gempa di Lombok, Indonesia, saat ini Thailand juga sedang dilanda banjir.

Dikutip dari Reuters pada Kamis (9/8), Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Weerasak Kowsurat telah memberikan imbauan resmi terkait banjir di negaranya.


Dalam imbauannya ia meminta agar seluruh operator wisata dan turis mewaspadai terjangan banjir, terutama yang diperkirakan bakal menerjang Provinsi Phetchaburi.


Phetchaburi yang berbatasan dengan Myanmar merupakan kawasan yang dibelah oleh sungai besar dan merupakan lokasi Bendungan Air Kaeng Krachan, sehingga kemungkinan besar banjir bakal terjadi di sana.


Weerasak juga meminta seluruh pihak terkait menyiapkan rencana evakuasi agar musibah banjir tak sampai memakan korban.

Untuk turis, Weerasak lanjut mengatakan, bisa melakukan antisipasi penyelamatan diri dengan segera naik ke daratan yang tinggi jika banjir menerjang.

"Kepolisian dan dinas pariwisata se-Thailand harus sudah menyiapkan langkah untuk mengatasi bencana banjir ini, sehingga turis bisa mendapatkan informasi evakuasi yang pasti," kata Weerasak.

Hingga saat ini banjir belum terlihat menyentuh kawasan wisata populer di Thailand, seperti Bangkok.

"Turis yang ingin bepergian, terutama yang ke kawasan banjir ada baiknya untuk mengecek kondisi jalanan, sehingga bisa terhindar dari banjir," ujar Weerasak.

[Gambas:Video CNN]



(ard)