Tips Berpesiar bersama Anak

agr, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 19:45 WIB
Tips Berpesiar bersama Anak Ilustrasi kapal pesiar. (Foto: Screenshoot via edition.cnn.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu syarat penting dalam berpesiar adalah pergi beramai-ramai, ini artinya bisa melakukan perjalanan bersama kerabat atau keluarga.

Jika memilih melakukan wisata dengan kapal pesiar bersama keluarga, maka tidak mungkin mengabaikan keterlibatan anak-anak di dalamnya. Satu-satunya tantangan dalam berwisata pesiar besama anak-anak adalah membuatnya merasa nyaman selama perjalanan.

Mengutip CNN, berikut adalah tips berwisata pesiar bersama anak-anak


1. Pilih kapal pesiar yang ramah anak

Sebagian besar operator kapal pesiar memang menawarkan rute perjalanan yang panjang, dilengkapi dengan destinasi yang menakjubkan. Namun jika melakukan perjalanan bersama anak-anak, redamlah ego dengan memilih kapal pesiar yang fasilitasnya ramah bagi anak.

Ada beberapa kapal pesiar tematik yang menyesuaikan segmen anak-anak. Beragam tema hiburan yang ramah anak ditawarkan untuk membuat anak-anak merasa betah mengarungi lautan.

2. Manfaatkan keuntungan dari klub anak

Biasanya ada beberapa operator kapal pesiar yang menawarkan program klub anak. Jika menemukan tawaran ini, jangan sia-siakan untuk mengambilnya. Karena suatu saat nanti akan berguna bagi para orang tua yang ingin membawa anaknya berlibur dengan kapal pesiar.

Biasanya program ini dikhususkan untuk anak-anak mulai dari usia tiga hingga 17 tahun.

3. Pesanlah perjalanan dengan rute yang singkat

Sebagai langkah awal, jangan langsung memilih rute yang jauh jika ingin berpesiar bersama anak-anak. Cukup bermain aman saja dengan memilih rute perjalanan yang singkat. Jika anak-anak terlihat perjalanan dengan kapal pesiar, maka bisa ditingkatkan ke rute yang lebih panjang.

4. Teliti memilih kamar

Jika tidak memiliki cukup anggaran untuk memesan kamar tidur yang khusus untuk keluarga, pertimbangkan memilih kamar yang cukup nyaman bagi anak. Karena anak-anak memiliki waktu tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Buatlah anak-anak tidak kehilangan waktu kualitasnya untuk beristirahat, khususnya saat tiba waktunya untuk tidur siang.

5. Pilih kapal yang memiliki kolam renang

Biasanya harga tiket untuk kapal pesiar dengan fasilitas yang ramah anak bisa membuat kantong kosong. Solusinya adalah pilih kapal yang menyediakan fasilitas umum minimal kolam renang, namun jika ada taman bermain airnya akan lebih baik. Hal ini akan membuat anak tidak cepat merasa bosan dengan aktivitas di atas kapal.

(ard)