Arti Zodiak Jokowi-Ma'ruf Amin serta Prabowo-Sandiaga Uno

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 11/08/2018 11:32 WIB
Arti Zodiak Jokowi-Ma'ruf Amin serta Prabowo-Sandiaga Uno Ilustrasi. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua kandidat pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019 akhirnya terungkap. Petahana Joko Widodo meminang Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presidennya.

Pasangan ini bakal berhadapan dengan kandidat lainnya, Prabowo Subianto yang menjatuhkan pilihannya pada Sandiaga Uno.

Kedua pasangan itu telah mendaftarkan dirinya untuk resmi melenggang dalam kontestasi elektoral lima tahunan itu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (10/8).


Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961. Secara astrologi, bapak tiga anak ini berada di bawah naungan zodiak Gemini. Sedangkan Ma'ruf Amin lahir di Tangerang, 11 Maret 1943 dan berzodiak Pisces.

Di kubu lawan, Prabowo Subianto lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951. Dia merupakan salah satu dari para pemilik zodiak Libra. Sementara pasangannya, Sandiaga Uno berzodiak Cancer lantaran lahir pada 28 Juni 1969 di Rumbai, Riau.


Dua paslon capres-cawapres ini ternyata punya kecocokan yang berbeda jika dilihat dari sudut pandang astrologi atawa ilmu perbintangan.

Sebagai seorang Gemini, Jokowi diwarnai oleh unsur air besar. Secara umum, pria Gemini punya karakteristik periang. Namun, tak ada seorang pun yang tahu apa yang sebenarnya dirasakan oleh seorang Gemini lantaran kehebatannya menutupi isi hati dan enggan mengumbar emosi ke banyak orang.

Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie

Kemampuan berkomunikasi dan berdiplomasi yang dimiliki membawa Gemini menuju kesuksesan. Mereka adalah orang-orang yang sangat terlatih dan bertanggung jawab. Hal itu juga didukung oleh gaya pendekatan persuasif yang dimiliki Gemini.

"Venus mengatur tanggal kelahiran hari ke-21 di bulan Juni. Anda seorang mempunyai jiwa sosial, riang dan menyenangkan. Mudah mendapat kawan dan banyak membantu orang lain dengan penuh keikhlasan," kata Teguh Kusbandrio, pakar astrologi saat dihubungi CNNIndonesia.com. 

"Namun rentan dengan gangguan, memiliki terlalu banyak kepentingan pada satu waktu, dan hal itu bisa melemahkan perhatian Anda." 

Sementara pasangannya, Ma'ruf Amin adalah orang-orang Pisces yang keras kepala. Mereka juga mudah emosi dan sulit mengambil keputusan.

"Orang yang lahir di hari ke-11 dalam bulan Maret, dipandu oleh Planet Neptunus. Anda termasuk orang-orang yang suka menurutkan kata hati dalam berpikir dan bertindak, juga kebiasaan dalam tingkah laku dan tindak tanduk. Seseorang yang berjuang untuk menjadi orang yang aktif dan selalu bergerak atau mobile," kata Teguh.


Namun, di luar itu, mereka adalah pribadi yang sangat menyenangkan bagi orang-orang di sekelilingnya. Bahkan, mereka tak segan-segan berkorban demi kepentingan orang lain. Mereka tak peduli meski hal yang dilakukan merugikan diri sendiri. Adalah naluri orang-orang Pisces untuk selalu mendahulukan orang lain. 

Dari berbagai sifat yang dimiliki Jokowi dan Ma'ruf, pakar astrologi, Ki Wongso Wijoyo menilai bahwa pertentangan antara keduanya bakal memicu selisih pendapat. Hal ini, kata dia, terjadi lantaran Jokowi dan Ma'ruf memiliki unsur yang berlawanan.

"Pak Jokowi itu unsurnya air, sedangkan KH. Ma'ruf itu unsurnya api. Jadi, agak ada pertentangan sedikit dan akan sering selisih pendapat," ujar Ki Wongso ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (10/8).

Kendati kerikil-kerikil itu muncul, Ki Wongso meyakini kalau masalah-masalah itu dapat teratasi dengan baik. Dalam hal ini, Jokowi bakal berperan lebih besar. "Jokowi unsur airnya besar dan dia bisa mengontrol. Jadi, enggak ada masalah," kata dia.

Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie

Pasangan Prabowo-Sandiaga

Jika Jokowi-Ma'ruf dinilai bakal sedikit memiliki pertentangan yang bisa teratasi dengan baik, beda halnya dengan paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uni. Pasangan ini justru dinilai sebagai padanan yang pas.

Secara umum, Teguh mengungkapkan bahwa karakter pria Libra adalah orang yang punya ketenangan dalam emosinya. 

"Tanggal 17 dalam bulan Oktober diatur oleh Saturnus yang mempunyai ketenangan dalam emosinya. Ini merupakan hari kelahiran yang penuh semangat dan vitalitas. Pada dasarnya, Anda adalah orang yang jujur dan suka berterus terang, tapi keadaanlah yang membuat untuk bersikap sebaliknya," kata Teguh. 

Senada dengan Teguh, Ki Wongso juga mengungkapkan bahwa meski memiliki emosi yang tenang, pria Libra adalah orang-orang yang penuh semangat. Dia juga mengungkapkan bahwa sebagai seorang Libra, Prabowo dilingkupi oleh unsur tanah. 


Tak hanya itu, Libra juga dinilai sebagai pribadi yang loyal dan bertanggung jawab. Pemikirannya selalu runut, teratur, dan logis.

Sayang, seorang Libra kerap terlihat kebingungan dan senang menuntut. Mereka juga bisa jadi sangat agresif saat kesabarannya habis.

Sebaliknya, zodiak Cancer yang dimiliki Sandiaga Uno menandakan seseorang yang selalu melakukan apa pun dengan cinta. Mereka mempunyai imajinasi tinggi, penyabar, pandai beradaptasi, jiwa terbuka, dan penuh kejutan.

Sayang, terkadang karakternya yang terlalu moody dan sensitif berpotensi membikin jengkel orang-orang yang ada di sekitarnya.

Keduanya--Prabowo dan Sandiaga--mewakili unsur kayu dan tanah. Dua unsur itu, kata Ki Wongso, sangat mungkin untuk menyatu.

"Gabungan antara Prabowo dan Sandi, yaitu kayu dan tanah, menjadi sinergi yang bagus. Cuma, untuk melangkah jauh dengan hasil maksimal, perlu kerja yang sangat keras," jelas Ki Wongso. (ptj/asr/chs)