Pasar Karetan Semarang Diuji Coba Jadi Nomadic Market

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 11/08/2018 12:59 WIB
Pasar Karetan Semarang Diuji Coba Jadi <i>Nomadic Market</i> Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) bakal menguji Pasar Karetan, Semarang sebagai bagian dari Nomadic Market sebagai bagian dari destinasi digital. (Foto: Dok. Kemenpar)
Semarang, CNN Indonesia -- Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) bakal menguji Pasar Karetan, Semarang sebagai bagian dari Nomadic Market sebagai bagian dari destinasi digital.

Mei Kristianti, Juragan Pasar Karetan, mengatakan Pasar Karetan besok akan dipindah ke Sam Po Kong di Simongan, Semarang. Hal ini juga bertepatan dengan Festival Chengho, yang berpusat di Sam Po Kong.

"Akan kita uji coba, Pasar Karetan khusus Minggu besok, 12 Agustus 2018, pindah ke Sam Po Kong di Simongan, Kota Semarang," kata Mei, Jumat (10/8).


Di Sam Po Kong, beberapa pedagang Pasar Karetan akan berjualan membuka stand di sana. Dia menuturkan setiap hari Minggu, pasar akan dibuat secara berpindah-pindah sesuai dengan program Genpi.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono menjelaskan destinasi digital itu berbasis pada pelanggan dengan pelbagai platform, baik Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, Line dan WhatsApp.

Dia menuturkan pihaknya mengajak warganet untuk menemukan banyak sensasi baru di lokasi yang berbeda, walaupun berbasis di Radja Pendapa Camp, Meteseh, Boja, Kendal.

"Kami uji coba di Pasar Karetan yang sudah memiliki brand di wilayah Semarang, Kendal dan Jawa Tengah," kata Don.

Selain di Semarang, ada pula tempat lainnya macam Pasar Cijaringao Genpi Bandung, dan Pasar Bintan Bertuah di Bintan.

"Tentu ini akan menambah seru, destinasi bertema kuliner, alam dan budaya di Bandung dan Bintan," kata Don.

Destinasi digital lain yang bakal beroperasi di antaranya adalah Pasar Maya Asih Kuningan; Pasa Sago Payakumbuh; Pasar Lambung Aceh, Pasar Kakilangit Jogja, Pasar Baba Boen Tjit Palembang; serta Pasar Kaulinan Menes Banten. (asa)