Tips Berwisata dari Astronaut NASA

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 14/08/2018 15:13 WIB
Tips Berwisata dari Astronaut NASA Ilustrasi. (REUTERS/NASA/Handout)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berwisata memang terdengar menyenangkan, namun kegiatan itu tetap butuh persiapan matang. Jika turis hanya perlu mempersiapkan paspor, visa, tiket pesawat, pemesanan hotel dan uang jajan, astronaut memiliki persiapan yang lebih kompleks.

Hingga saat ini tercatat baru ada 550 orang yang bisa menjejak luar angkasa. Hal tersebut dikarenakan menjadi astronaut bukanlah perkara mudah.


Selain mental, astronaut juga perlu mempersiapkan fisik karena berkeliling luar angkasa--terutama dalam jangka waktu lama, memiliki banyak rintangan.


Berbagai rintangan berbahaya di luar angkasa mulai dari cedera, radiasi, hingga ledakan benda luar angkasa yang bisa menyebabkan kematian.

Berbicara mengenai bepergian, tentu saja astronaut NASA memiliki beragam tips yang bisa disimak para turis.

Dikutip dari Travel and Leisure pada Senin (13/8), Frederick "Rick" Hauck mengatakan salah satu tips bepergiannya ialah membuat daftar rangkaian perjalanan.

Hal senada diutarakan oleh Charles Walker.

"Pikirkan dengan baik barang-barang apa saja yang benar-benar dbutuhkan dan harus di bawa. Hal itu dapat mencegah bagasi memuat beban yang terlalu berat," ujar Walker.

Belajar beberapa kalimat dalam bahasa lokal destinasi yang dituju juga dapat membantu memudahkan perjalanan menurut Walker.


Selanjutnya Jay Honeycutt menganjurkan agar turis yang pergi berwisata berkelompok dapat membagi tugas memantau perjalanan secara adil.

Karena jika di tengah perjalanan ada masalah, sesama anggota kelompok bisa saling membantu bukan menyalahkan.

Utamakan juga kesenangan kelompok alias tidak egois.


Sementara itu Nicole Stott menyarankan agar turis tak berekspektasi berlebihan saat melakukan perjalanan wisata.

Pasalnya ekspektasi yang berlebihan dapat membuat kegiatan bersenang-senang itu terasa seperti pekerjaan yang memberikan beban.

Yang paling penting, lanjut Scott, ialah menikmati suasana perjalanan bukan merencanakannya secara berlebihan. "Penting untuk membuka mata untuk memerhatikan suasana saat menikmati sebuah perjalanan," ucap Stott.

"Karena banyak hal-hal mengejutkan yang bisa terjadi tanpa kita sadari," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

(fey/ard)