Museum-museum Terbaik Khusus Anak

agr, CNN Indonesia | Rabu, 15/08/2018 09:40 WIB
Museum-museum Terbaik Khusus Anak Ilustrasi museum. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian besar keluarga Indonesia, mengunjungi museum adalah kegiatan yang tidak masuk dalam daftar utama saat liburan bersama anak. Museum di Indonesia identik dengan citra membosankan yang disebabkan oleh beragam faktor.

Namun hal itu tidak berlaku di beberapa negara yang menjadikan museum sebagai wahana untuk mengasah kemampuan dan daya pikir anak. Suasana pun amat jauh dari kesan membosankan, meskipun namanya tetap museum.

Mengutip dari Oyster, berikut adalah daftar museum terbaik khusus anak yang ada di seluruh dunia:


1. Le Musee des Enfants, Brussel - Belgia

Museum ini dibangun atas dasar filosofi penjelajahan, belajar, dan bermain lewat aktivitas yang menyenangkan, meskipun tidak melibatkan teknologi seperti yang ada di gawai atau komputer.

Tak heran jika tempat ini menjadi rujukan bagi para orang tua karena banyak ruang interaktif yang bisa membuat anak sibuk 'mengisi' pengetahuannya.

2. CosmoCaixa, Barcelona - Spanyol

Setelah direnovasi selama nyaris enam tahun, museum pengetahun di Barcelona ini akhirnya kembali dibuka pada tahun 2004 dengan wajah baru.

CosmoCaixa memiliki delapan ruang permanen dengan beragam tema, yang sebagian besar berkaitan dengan kultur tentang kesinambungan alam.

3. Junibacken, Stockholm - Swedia

Saat museum lain fokus pada permainan dan ilmu pengetahuan, Junibacken memilih aktivitas membaca sebagai magnetnya.

Alasannya sederhana saja, kita semua mengenal kegiatan membaca terlebih dulu sebelum hal-hal lain yang berkaitan dengan teknologi atau perkembangan ilmu pengetahuan seperti permainan digital, komputer, gawai, dan lainnya.

4. National Museum of Agriculture, Praha - Republik Ceko

Barangkali museum inia dalah yang paling unik di antara daftar museum khusus anak-anak.

Di tempat ini terdapat berbagai peralatan bertani sejak jaman dulu, hinga kearifan lokal tentang sektor pertanian di Repubik Ceko.

5. Muzej Iluzija, Zagreb - Kroasia

Secara harfiah Muzej Iluzija berarti museum ilusi, di tempat ini anak-anak bisa bermain-main dengan banyak ragam ilusi optik.

Kegiatan ini dipercaya mampu meningkatkan kemampuan anak-anak untuk memutuskan sesuatu, hingga meningkatkan rasa percaya diri.

6. Royal Tyrrell Museum of Palaeontology, Alberta - Kanada

Kanada memang dikenal oleh para ahli fosil sebagai kawasan yang kaya akan fosil prasejarah. Museum Royal Tyrrell sendiri menyimpan lebih dari 13 ribu fosil hewan prasejarah, sebagain besar fosil-fosil itu ditemukan di sekitar Alberta.

Di tempat ini, anak-anak dapat 'melihat' wujud hewan purba yang berusia nyaris 4 juta tahun lalu.

(ard)