Mi Daging Sapi Termahal di Dunia Capai Harga Hampir Rp30 Juta

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 16/08/2018 21:08 WIB
Mi Daging Sapi Termahal di Dunia Capai Harga Hampir Rp30 Juta Ilustrasi mi. Chris_KIM/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia -- Harga seporsi mi daging sapi biasanya tak bakal bikin kantong mendadak 'kering'. Di pedagang kaki lima, mi daging sapi paling-paling dijual pada kisaran harga Rp20.000-Rp50.000. Sementara di restoran yang lebih elit, harganya bisa mencapai lebih dari Rp100.000.

Namun, sebuah restoran di Shijiazhuang, Hebei, Cina menjual mi daging sapi yang diberi nama Haozhonghao Beef Noodle Soup seharga 13.800 yuan atau setara dengan Rp29,2 juta. Harga yang hampir mencapai Rp30 juta itu membikin hidangan ini menjadi mi daging sapi termahal di dunia.

Harga mi daging sapi ini bahkan terpaut jauh dari rekor sebelumnya yang disandang oleh restoran Taiwan, Niu Ba Ba. Restoran ini menjual mi daging sapi seharga US$325 atau setara dengan Rp4,2 juta pada tahun 2017.



Media lokal Cina mengunjungi restoran dan mewawancarai sang manajer, Yan. Dalam wawancara itu, Yan mengungkapkan bahwa mi daging sapi yang dijual di kedainya itu diracik dengan menggunakan bahan-bahan mahal.

Dilansir dari Oddity Central, ada 12 bahan mahal yang saling berbaur dalam sajian mi daging sapi ini. Empat di antaranya berasal dari langit, empat lainnya dari tanah, dan empat yang terakhir berasal dari lautan. Namun, Yan enggan merinci bahan-bahan yang dimaksud.

Selain itu, ada 12 koki yang dipersiapkan untuk menyiapkan Haozhonghao Beef Noodle Soup ini.

Bak membeli tiket angkutan mudik, untuk memesan santapan ini, pelanggan mesti jauh-jauh hari memesannya untuk kemudian disajikan satu bulan berikutnya. Jauhnya hari pemesanan itu dilakukan agar semua bahan dapat dipersiapkan dengan baik.


Santapan ini baru ditambahkan ke daftar menu sekitar enam bulan yang lalu. Sejak masuk daftar menu, empat porsi laris terjual.

Biaya bahan dan proses memasak yang mahal membuat restoran itu tidak mengambil keuntungan yang besar dari penjualan mi daging sapi ini.

Masyarakat Cina awalnya tak percaya dengan harga supermahal yang dibanderol pada mi daging sapi ini. Namun, setelah beredar luas dan diliput media, warga baru mulai beramai-ramai menanggapi mi daging sapi ini dengan beragam komentar. Beberapa di antaranya berkelakar menyebut kalau harga sajian ini bahkan lebih mahal dari seekor sapi.

Mi daging sapi merupakan mi kuah khas Cina dan Taiwan yang dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara. Adalah suku Hui--kelompok etnis Muslim Cina--pada masa Dinasti Tang yang pertama kali menciptakannya santapan rebus ini. (asr/chs)


BACA JUGA