Bintan Bersiap Menggelar 'Ironman 2018'

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 15/08/2018 19:58 WIB
Bintan Bersiap Menggelar 'Ironman 2018' Ilustrasi kejuaraan olahraga di Bintan, Kepulauan Riau. (tourdebintan.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjelang penyelenggaraan kejuaraan triatlon internasional, Ironman dan Ironkids 2018, Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, mulai memperbaiki sarana dan prasarana di kawasannya.

Ironman dan Ironkids 2018 akan dilaksanakan pada 19 Agustus mendatang, tepatnya di kawasan wisata Lagoi Bay, Bintan.

"Bagian jalan yang rusak sudah diperbaiki. Kawasan yang dilalui peserta Ironman dan Ironkids juga dipercantik," kata Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira, di Bintan, seperti yang dikutip dari Antara pada Rabu (15/8).


Dalam kejuaraan itu, peserta harus berenang sejauh 1,9 kilometer, lari 21,1 kilometer, dan bersepeda melewati sejumlah medan sejauh 90 kilometer.

Medan yang bakal peserta lalui mulai dari Lagoi Bay, Sungai Kecil, Tanjunguban, Desa Busung, jalan Lintas Barat, Kuala Siampang, dan kembali lagi ke Lagoi Bay.

Turis mancanegara yang menjadi peserta dan pendukung jadi target Pemerintah Kabupaten Bintan.

"Kami mencatat sebanyak 2.200 orang dari 54 negara mengikuti Ironman 2018. Sebagian besar berasal dari Singapura. Banyak warga asing yang tinggal di Singapura mengikuti kompetisi ini," kata Luki.

"Kami berharap Menteri Pariwisata dapat hadir dalam pembukaan Ironman," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]

Sementara terkait hadiah, Luki mengatakan, pemerintah tidak menyediakan hadiah besar, karena Ironman bukan kompetisi olahraga, melainkan wisuda olahraga.

"Hadiah yang disiapkan pemerintah juga menarik. Namun peserta bukan mengutamakan hadiah tersebut, melainkan merasa puas ketika menjadi juara dan memperoleh medali," kata Luki.

Sehari sebelum pelaksanaan Ironman, Pemkab Bintan menyelenggarakan Ironkids, yang pesertanya anak-anak.

Jumlah anak yang ikut kegiatan itu mencapai 300 orang.

"Ironkids bukan kompetesi melainkan hiburan. Kami siapkan medali untuk anak-anak," ujar Luki.

Luki mengakui kejuaraan Ironman yang sudah diselenggarakan sejak beberapa tahun belakangan ini telah berhasil mendatangkan turis mancanegara.

Ia memperkirakan tahun ini jumlah kedatangan mereka lebih meningkat.

"Kamar hotel di Lagoi mencukupi. Bahkan ada yang sudah memesan sejak tahun lalu," ujar Luki.

Bukan cuma triatlon, olahraga lain seperti surfing dan golf yang dikemas dalam paket wisata olahraga (sport tourism) juga menjadi "kekuatan" Kementerian Pariwisata di bawah kepemimpinan Arief Yahya untuk meningkatkan jumlah kunjungan turis mancanegara ke Indonesia.

Saat membuka kejuaraan Wonderful Indonesia Golf Turnamen (WIGT) pada Juli kemarin, Arief mengatakan kalau pihaknya berekspektasi bahwa sport tourism bisa menyumbang 250 ribu turis mancanegara dan devisa US$250 juta pada tahun ini.

[Gambas:Instagram]

(ard)