Daftar Makanan Dunia Wajib Coba Versi Lonely Planet

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 16/08/2018 18:40 WIB
Daftar Makanan Dunia Wajib Coba Versi Lonely Planet Ilustrasi. CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar menarik bagi para pencinta kuliner. Situs panduan perjalanan, Lonely Planet, baru saja merilis daftar makanan wajib coba di dunia. Situs itu mengurutkan 500 daftar makanan yang mesti masuk dalam kunjungan wajib para pencinta kuliner.

Rangking ini didapat setelah menanyai para koki dan penulis kuliner dari seluruh dunia mengenai pengalaman gastronomi favorit dan paling otentik yang pernah mereka rasakan. Mulai dari pengalaman kuliner yang paling mendebarkan hingga beragam cerita menarik yang bakal didapat di balik makanan itu.

Sayangnya, tak ada kuliner dari Indonesia yang menduduki 20 peringkat teratas dalam daftar itu. Alih-alih, kuliner negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam berada dalam deretan 20 besar.



Laksa dari Malaysia misalnya, yang mampu menempati peringkat kedua dalam daftar makanan wajib coba di dunia itu. Laksa dinilai kaya rasa berkat campuran rempah berupa kunyit, lengkuas, cabe, dan kemiri yang menyatu dalam kuah santan. Katanya, padanan ini membikin ketagihan.

"Pilih antrean warung laksa yang panjang dan duduk di kursi plastik, lalu mulai proses makan yang menggelora, yang memicu keringat." Begitu deskripsi Lonely Planet mengenai laksa Malaysia, dikutip dari situs resminya.

Di atas laksa, kuliner pintxos asal Spanyol menduduki posisi puncak deretan makanan wajib coba di dunia. Makanan ini berupa sandwich yang dibuat dengan aneka campuran. Situs ini merekomendasikan campuran pintxos dengan asparagus, tuna, jamur, dan bawang putih.


Berikut daftar 20 makanan yang wajib dicoba di dunia. Daftar yang dirilis dalam buku bertajuk Ultimate Eatlist ini merupakan kelanjutan dari buku best seller Ultimate Travelist.

1. Pintxos di San Sebastián, Spanyol
2. Curry laksa di Kuala Lumpur, Malaysia
3. Sushi di Tokyo, Jepang
4. Beef brisket di Texas, Amerika Serkat
5. Som tam di Bangkok, Thailand
6. Smørrebrød di Copenhagen, Denmark
7. Crayfish di Kaikoura, Selandia Baru
8. Bibimbap di Seoul, Korea Selatan
9. Pizza margherita di Naples, Italia
10. Dim sum di Hong Kong
11. Ceviche di Lima, peru
12. Pastéis de nata di Lisbon, Portugal
13. Oysters di Tasmania, Australia
14. Cheese di Prancis
15. Jerk chicken di Jamaika
16. Lamb tagine di Marrakech, Maroko
17. Chilli crab di Singapura
18. Moules frites di Brussels, Belgia
19. Peking duck di Beijing, China
20. Pho di sepanjang Hau River di Vietnam (asr/chs)