Ironman 70.3: Mencari Manusia Perkasa di Alam Bintan

Kemenpar, CNN Indonesia | Kamis, 16/08/2018 17:40 WIB
Ironman 70.3: Mencari Manusia Perkasa di Alam Bintan Ironman 70.3 bakal dihelat pada 19 Agustus di Bintan, Kepulauan Riau. (Dok. Kemenpar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggemar olahraga triatlon seperti harus mulai bersiap. Sebab, Ironman 70.3 bakal dihelat 19 Agustus di Bintan, Kepulauan Riau. Sesuai namanya, ajang ini bakal mencari manusia perkasa melalui tes ketahanan fisik menghadapi rintangan di darat dan laut.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Ironman 70.3 punya peran cukup penting bagi pariwisata Bintan, juga berdampak pada peningkatan kunjungan wisman ke Indonesia. Tahun ini, target yang dicanangkan adalah 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Sekitar 3 juta di antaranya diproyeksikan masuk melalui Great Batam atau Bintan.

Menurutnya, penyelenggaraan sport tourism internasional seperti Ironman 70.3 Bintan, memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung.


Pengaruh langsung adalah kedatangan wisman sebagai peserta dan para pendukungnya yang akan membelanjakan dolar di Bintan, sedangkan pengaruh tidak langsung berupa pemberitaan yang luas ke mancanegara.

"Gencarnya pemberitaan itu semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia," kata Arief Yahya.

Arief menjelaskan, Bintan punya keunggulan berupa daya tarik alam (nature) seperti pantai berpasir putih, taman laut, dan hutan tropis yang dilengkapi fasilitas infrastruktur kelas dunia.

Selain itu, lokasi yang dekat dengan Singapura --hanya 45 menit menggunakan kapal ferry-- menjadikan Bintan sebagai salah satu destinasi wisata andalan dalam mencetak wisman dalam mendukung target nasional tahun ini sebesar 17 juta wisman.

"Pertumbuhan pariwisata Great Batam/Bintan selama periode Januari-Mei 2018 sebesar 11,01%," kata Arief Yahya.

Dengan total jarak 113 kilometer, tiap peserta bakal mengikuti tiga tahapan sekaligus, Perfect Swim Conditions, Spectacular One-Lap Bike Course, dan Scenic Run Course.

Start dari Teluk Lagoi, para Iroman bakal berenang sejauh 1,9 kilometer. Setelah itu, mereka akan melanjutkan ekspedisi dengan bersepeda sejauh 90 kilometer. Sepanjang 21,1 Km terakhir bakal digunakan para peserta untuk adu cepat berlari sebanyak dua putaran.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira, menambahkan, meski lomba cukup berat, peserta tetap dimanjakan dengan pesona Bintan.

"Meski medannya ekstrem, para peserta juga tetap dapat menikmati pemandangan cantik sepanjang balapan. Mulai dari pasir putih yang lembut, hingga hutan hijau lebat khas Riau yang nggak boleh dilewatkan," ujar Luki.

Lomba triatlon yang satu ini tidak cuma menarik perhatian wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Bahkan, Ironman 70.3 Bintan dinobatkan sebagai balap triatlon jarak jauh terbaik di Asia. Sebab, mempunyai pesona alam yang mengagumkan.

Menariknya, Ironman 70.3 Bintan juga menghadirkan kelas untuk anak-anak. Iron Kids bakal mengajak anak-anak berusia 6-14 tahun untuk menjadi yang tercepat dengan trek sejauh 1,5 Km saja.

Ironman 70.3 ini masuk kategori terbaik ketiga di dunia berdasarkan survei Global Ironman Athlete 2016. Bintan terbaik ketiga dunia setelah Prancis dan Jerman.

Ironman 70.3 Bintan memperlombakan lari, renang, dan balap sepeda. Tahun ini, sudah masuk tahun ke-8 dan menjadi bagian dalam Top 10 Calender of Event Kementerian Pariwisata RI.

"Ironman 70.3 bisa menjadi penyumbang wisatawan mancanegara ke Indonesia," katanya.

Hingga saat ini, perserta yang sudah mendaftar berjumlah 1.150 peserta dan 300 peserta Iron Kids. 17 atlet profesional yang mengikuti Ironman 70.3 Bintan 2018 terdiri dari 10 atlet profesional pria dan 7 atlet profesional wanita. (vws)