Tips Mengunjungi Kawasan Red District Amsterdam

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Minggu, 19/08/2018 13:30 WIB
Tips Mengunjungi Kawasan Red District Amsterdam Suasana kawasan lokalisasi atau Red Light District De Wallen, Amsterdam, Belanda. (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Red Light District De Wallen adalah salah satu objek wisata di Amsterdam, Belanda. Berikut sejumlah tips sebelum berkunjung ke sana seperti yang dikutip dari situs resmi Museum of Prostitution:

1. Jangan ambil foto sembarangan

Silakan saja jika ingin mengambil foto atau video. Namun ada tiga area yang terlarang, yakni di depan dan di dalam rumah bordil, mengambil foto atau video para PSK, serta menyorot kamera saat pertunjukkan seks.



2. Jangan minum alkohol sambil jalan

Ini berlaku di seluruh tempat di Amsterdam dan Belanda. Ada hukum yang mengatur soal tata cara dan lokasi yang diperbolehkan mengonsumsi alkohol.

3. Jangan sembarangan menggoda

Para PSK hanya bisa menggoda pengunjung dari balik pintu kaca. Bila Anda berminat, langsung kunjungi bilik pintunya dan bernegosiasi soal harga.


4. Pahami norma pengunjung

Beberapa norma pengunjung: jangan menyentuh jendela, menghargai perempuan, jangan mengintip, jangan berdiri di depan pintu, bayar di awal dan diskusikan mana yang boleh dan tidak dilakukan, selalu gunakan kondom, menjaga kebersihan, jangan memaksa apalagi menggunakan kekerasan.

Usia di bawah 16 tahun dilarang datang ke lokalisasi.

Bila ingin mengonsumsi ganja atau tembakau, ada baiknya diam di satu tempat.

5. Siapkan tenaga

Kosongkan kantung empedu sebelum berkeliling, toilet umum yang gratis hanya berupa bilik kencing.

Ada baiknya juga mengisi perut di luar kawasan, karena harga makanan dan minuman di sini cenderung mahal.

(ard)