'Flash Mob' Pesona Merah Putih Buka Festival Teluk Ambon

Kemenpar, CNN Indonesia | Minggu, 19/08/2018 14:21 WIB
'Flash Mob' Pesona Merah Putih Buka Festival Teluk Ambon Para siswa melakukan Flash Mob Pesona Merah Putih di Jembatan Merah Putin Ambon. (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)
Ambon, CNN Indonesia -- Kolaborasi ratusan siswa SMA dan perguruan tinggi di sekitar Ambon, Maluku, mengawali rangkaian Festival Teluk Ambon 2018. Para siswa melakukan Flash Mob Pesona Merah Putih di Jembatan Merah Putin Ambon, Sabtu (18/8).

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty mengatakan kegiatan ini juga untuk menyambut HUT ke-73 RI. "Karena kita sedang dalam suasana HUT RI, maka kegiatan ini digelar. Tujuannya untuk sama-sama kita memeriahkan HUT kemerdekaan RI," katanya, kemarin.

Aksi flash mob ini dipimpin para penari yang tampil dengan mengesankan. Aksi itu juga menutup dua sisi jalan di Jembatan Merah Putih.



"Ini luar biasa sekali. Melibatkan banyak siswa. Mereka semua sangat antusias mengikuti flash mob. Semangat seperti ini sangat bagus untuk menanamkan arti kemerdekaan kepada generasi muda," katanya.

Flash Mob Pesona Merah Putih ini digelar sebelum Festival Teluk Ambon 2018 resmi dibuka. Festival Teluk Ambon masuk dalam 100 Wonderful Event Kementerian Pariwisata. 

Salah satu agenda yang akan menarik perhatian adalah pelaksanaan Bersih Laut. "Ini kegiatan dimana kita diajak untuk selalu menjaga lingkungan. Betapa kelestarian lingkungan memiliki arti penting bagi kehidupan," kata Esthy.

Pelbagai Lomba 

Agenda lain di Festival Teluk Ambon 2018 adalah Arumbae Manggurebe, Lomba Perahu Semang Laki-laki dan Perempuan, Lomba Tari Kreasi, juga suguhan seni.

Ada satu kegiatan yang akan ramai diikuti oleh anak-anak jaman sekarang. Yaitu Lomba Spot Foto Selfie.


Menteri Pariwisata Arief Yahya, menjadi salah satu orang yang memuji kekayaan Maluku. "Maluku adalah salah satu daerah kepulauan yang menyimpan kekayaan. Baik dari sejarah, bahari dan alam. Semuanya memiliki nilai jual yang sangat tinggi," katanya.

Menurutnya, dengan bentangan alamnya yang indah, Maluku diberkahi dengan banyak destinasi dan tak kalah dengan daerah lainnya. (asa)