Raditya Dika Ajak Warga Ikut Lomba Video Kreatif Asian Games

Kemenpar, CNN Indonesia | Minggu, 19/08/2018 17:09 WIB
Raditya Dika Ajak Warga Ikut Lomba Video Kreatif Asian Games Komika Raditya Dika (Foto: Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pariwisata dan Genpi menggelar lomba Video Kreatif #PesonaAsianGames2018 dengan dimulainya pagelaran olah raga besar itu pada Sabtu (18/8).

Komika Raditya Dika, yang menjadi juri dalam lomba itu, memberikan contoh bagaimana konsep video itu akan dibuat. Jika membutuhkan referensi materi lomba, peserta pun bisa mencarinya di akun media sosial genpi.co.

Raditya juga memberika tips lomba melalui akun Instagramnya, @raditya_dika.



"Asian Games akan resmi dibuka. Yuk, kirim lagi video-video kreatifnya. Kirim sebanyak mungkin dengan ide-ide segarnya. Yang jelas, momentum Asian Games ini harus dimanfaatkan untuk hal positif," katanya, kemarin.

Untuk mengikuti program Lomba Video Pesona Asian Games 2018 ini relatif mudah. Cukup membuat video kreatif dengan tema Asian Games 2018 dengan genre apa pun baik komedi, drama hingga musikal.

Bila materinya sudah siap, langsung upload di Facebook dan Youtube. Jangan lupa hastag #PesonaAsianGames2018, #PesonaVideoAG2018, #PesonaIndonesia, #WonderfulIndonesia, juga #Genpi.

"Saya ingatkan kembali, untuk materi Lomba Video Pesona Asian Games 2018 ini durasi minimal satu menit dan maksimalnya tiga menit. Proses pembuatannya dibikin simpel saja. Yang penting unik dan menarik," katanya.

Setelah membuat video, para peserta harus mengunggah cuplikan ke Instagram. Setiap peserta pun wajib follow akun IG @GenPI.co, @kemenpar, dan @pesonaid_travel. Peserta juga harus mengirimkan tautan video ke surel redaksi@genpi.co dengan subyek: 'Lomba Video #PesonaAsianGames2018'. Tak lupa, cantumkan juga akun medsos peserta lomba.

Lebih dari Satu Video

"Setiap peserta boleh melombakan lebih dari satu video. Untuk periode lomba juga masih sama, 16 Juli hingga 2 September. Yang terpenting video-video ini tidak mengandung unsur politik, hoaks dan SARA. Pengumuman para juaranya dijadwalkan 10 September nanti," terang Raditya.

Selama periode lomba, kurator akan mendata, mengumpulkan, menilai dan mengeliminasi video yang dikirimkan. Juri utama akan memilih 3 pemenang dari 10 video terbaik. Periode penjuriannya mulai 3-9 September 2018.

Juara pertama akan mendapatkan uang Rp50 juta, kedua Rp30 juta dan ketiga Rp10 juta.


"Hadiahnya sangat menarik. Bukan hanya uang, tapi juga paket liburan ke Labuan Bajo. Semuanya akan ditanggung," ujar Raditya.

Seiring bergulirnya Asian Games 2018, dorongan juga diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menpar berharap peserta bisa memanfaatkan moment Asian Games untuk berkreasi.

"Asian Games ini sudah mulai. Kesempatan ini harus dimanfaatkan untuk menghasilkan karya terbaik. Ingat, waktu lomba juga terus berjalan. Segera buat karya terbaik dan kirimkan," kata Arief. (asa)