Jaket Asian Games Jokowi dari Solo yang Gemparkan Warganet

Antara, CNN Indonesia | Senin, 20/08/2018 14:08 WIB
Jaket Asian Games Jokowi dari Solo yang Gemparkan Warganet Jaket merah Jokowi (ANTARA FOTO/INASGOC/Ismar Patrizki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah 'mengguncang' Asia dengan aksi bermotornya di pembukaan Asian Games, gaya jaket Presiden Indonesia Jokowi kembali jadi pembicaraan dan fenomena.

Kali ini soal Jokowi effect dengan jaket merahnya. Jokowi memakai jaket merah saat menonton pertandingan cabang olahraga taekwondo dan wushu taijijian di Asian Games, Minggu (19/8).

Jokowi memakai jaket merah terang berbahan parasut. Di bagian dadanya terdapat emblem kecil berbentuk persegi panjang bertuliskan 'speedmaker', dan 'in speed we trust' di lengannya. Sedangkan di lengannya juga terjahit emblem bendera balap kotak-kotak hitam putih.



Tulisan yang berukuran cukup besar tertulis di punggungnya, "Bulls Syndicate" dan "Motorcycle Worshiper."

Jaket merah ini sebenarnya adalah jaket motor yang dibuat oleh label asal Solo, Bulls Syndicate.

Jaket tersebut didesain dengan rancangan yang serupa yang jaket NASCAR (National Association for Stock Car Auto Racing). Namun menambah kenyamanan, jaket tersebut diberi beberapa sentuhan modifikasi agar nyaman digunakan sepanjang hari saat mengendarai motor.

Bagian lengannya dibuat sedikit lebih panjang sehingga kulit terlindungi terik matahari. Sedangkan bagian lehernya dilengkapi kancing untuk melindungi tubuh dari angin yang menusuk pada malam hari.

Kebanggaan ini pun diungkapkan Bulls Syndicate lewat unggahan di akun instagramnya.

"Presiden Jokowi dalam penyerahan medali emas Taekwondo Asian Games 2018. Spotted bapak presiden @jokowimengenakan Arlinax jacket. Terimakasih , Pak. Support terus #localbrand Indonesia! Selamat untuk Defia Rosmaniar untuk medali emasnya," tulisnya.

Jaket tersebut merupakan koleksi April 2018 yang dijual dengan harga Rp375 ribu.

[Gambas:Instagram]

'Perkenalan' Jokowi dengan label ini dimulai oleh putra tertuanya, Gibran Rakabuming Raka. Aditya Koosnugroho dari Bulls Syndicate mengungkapkan bahwa awalnya Gibran membeli jaket merah itu di Solo. Jaket tersebut dipakai Gibran saat menghadiri sebuah acara televisi.


Beberapa bulan berlalu. Adit mengungkapkan bahwa Gibran sempat memesan jaket merah yang sama persis pada minggu lalu.

"Setelah beli di toko, baru dibilang itu buat dipakai bapak, kami tidak menyangka itu dipakai saat Asian Games," ujar Adit ketika dihubungi Antara, Senin (20/8).

"Keren, Presiden Jokowi support banget sama produk lokal."

jaket JokowiFoto: ANTARA FOTO/INASGOC/Akbar Nugroho Gumay
jaket Jokowi

Adit mengatakan bahwa setelah jaket tersebut dipakai Presiden, banyak orang yang tertarik memiliki produk yang sama.

Dibanding biasanya, kenaikan pesanan melonjak sampai tiga kali lipat sampai sekitar 100 pesanan. (chs)