Taman Nasional yang Jadi Rumah Orangutan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 20/08/2018 15:25 WIB
Taman Nasional yang Jadi Rumah Orangutan Ilustrasi. (Foto: Regina Safri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai salah satu satwa endemik Indonesia, Orangutan (Pongo) kerap menjadi simbol bagi beragam aktivitas yang mengedepankan unsur konservasi. Namun sayangnya kesadaran masyarakat akan keberlangsungan hidup satwa ini masih terbilang rendah.

Hal ini bisa terlihat dari jumlah populasi orang utan yang ada di Indonesia, yakni sekitar 71 ribu ekor yang berada di dalam habitat seluas 181 ribu kilometer persegi pada pulau Kalimantan dan Sumatera. Data tersebut diterbitkan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, tahun 2017.

Sebagai makhluk yang daya jelajahya cukup tinggi, minimal 10 kilometer dalam sehari, saat ini Orangutan bisa sedikit merasakan suasan 'rumah' ketika berada di kawasan Taman Nasional.


Sehingga, secara tidak langsung satu-satunya tempat untuk melihat orang utan secara alami adalah Kawasan Taman Nasional. Berikut adalah beberapa Taman Nasional di Indonesia yang menjadi rumah bagi Orangutan.

Taman Nasional Betung Kerihun

Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun merupakan sedikit dari habitat asli kera besar ini. Taman Nasional Betung Kerihun berada di Provinsi Kalimantan Barat, yang juga berbatasan dengan Sarawak, Malaysia.

Bgai para pengunjung yang ingin melihat orangutan liar di Taman Nasional Betung Kerihun sebaiknya gunakanlah jasa pemandu, demi keselatan dan kenyamanan bersama.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Tanjung Puting adalah tempat populer jika bicara soal habitat Orang Utan karena di sini terdapat banyak camp konservasi untuk orang utan.

Salah satu camp yang cukup terkenal di Taman Nasional Tanjung Puting adalah Camp Leakey. Tempat ini menjadi lokasi bagi para orangutan diberi makan oleh petugas.

Jangan heran jika pengunjung hanya bisa melihat orangutan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Taman Nasional.

Taman Nasional Kutai

Tidak seperti Tanjung Puting, di Taman Nasional Kutai ini belum memiliki area khusus untuk konservasi. Sehingga para orangutan dibiarkan hidup di alam bebas, tanpa campur tangan manusia

Taman Nasional Kutai berada di Provinsi Kalimantan Timur. Lokasi yang bisa dikunjungi untuk melihat orangutan di kawasan Taman Nasional Kutai adalah Hutan Prevab.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser berada dalam Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Kawasan ini merupakan habitat dari Orangutan Sumatra.

Salah satu spot konservasi orangutan di kawasan taman nasional ini adalah Bukit Lawang yang berada di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

Di Bukit Lawang, para pengunjung bisa melihat orangutan dengan metode jungle trekking. Namun jangan pernah memberi makan orangutan selama perjalanan, karena mereka telah dijadwalkan untuk makan.

(agr)