Wushu yang Bantu Membangun Kekuatan Tubuh

asr, CNN Indonesia | Rabu, 29/08/2018 21:20 WIB
Wushu yang Bantu Membangun Kekuatan Tubuh Atlet wushu Indonesia Lindswell Kwok saat beraksi di Asian Games 2018. ANTARA FOTO/INASGOC/Ismar Patrizki
Jakarta, CNN Indonesia -- Lidswell Kwok menyumbang emas kedua untuk Indonesia pada helatan Asian Games 2018. Atlet wushu andalan Indonesia ini bahkan menjadi yang terbaik di nomor taijiquan dan taijijian.

Wushu merupakan cabang olahraga seni bela diri asal Cina. Apa yang dipelajari dari wushu tak melulu soal gerakan fisik, tapi juga pikiran. Dalam wushu juga dipelajari cara mengolah pernapasan, memahami anatomi tubuh, termasuk ramuan obat-obatan untuk memperkuat tubuh.

Selayaknya olahraga yang lain, wushu juga punya sederet manfaat bagi tubuh. Berikut melansir Physical Arts, hal-hal yang dilakukan wushu untuk kekuatan tubuh.


1. Melatih kekuatan otot

Sebagian besar sikap wushu membangun kekuatan otot kaki, perut, dan punggung bawah. Selain itu, beberapa jurus yang menggunakan senjata juga dinilai mampu membangun kekuatan lengan dan punggung yang baik.


2. Meningkatkan kelenturan tubuh

Wushu membangun fleksibilitas otot, seperti harmstring, betis, pinggul, dada, punggung, lengan, dan bahu. Otot-otot tubuh itu ikut meregangkan diri sehingga membuat tubuh lebih elastis dan lentur.

3. Melatih keseimbangan tubuh
Keseimbangan adalah salah satu aspek penting dari wushu. Sederhana saja, hal itu didapat misalnya dari latihan berdiri dengan satu kaki atau belajar menemukan pusat tubuh.

4. Melatih koordinasi
Koordinasi antara tangan dan mata adalah keterampilan penting yang bisa didapat dari berlatih wushu.


5. Meningkatkan stamina
Stamina tak cuma sebatas kuat melakukan olahraga dalam waktu lama, tapi juga menunjukkan kekuatan pikiran yang mampu membuat seseorang bertahan. Dalam wushu, daya tahan tubuh akan meningkat ketika Anda memusatkan diri pada kekuatan pikiran untuk mencapai sesuatu yang sebelumnya menurut Anda sulit dicapai.

6. Melatih refleks tubuh
Gerak refleks dibangun dari kekuatan dan koordinasi. Hal ini pula yang bisa dipelajari dari wushu. Jika Anda rutin berlatih wushu, tubuh akan cepat peka atau refleks dengan lingkungan sekitar. Tak cuma ketangkasan yang dipelajari dalam wushu, tapi juga bagaimana caranya bergerak cepat. (asr/chs)


ARTIKEL TERKAIT