Bunga Teratai Raksasa Mekar di Taipei

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 21/08/2018 12:47 WIB
Bunga Teratai Raksasa Mekar di Taipei Pemandangan kolam bunga teratai raksasa. (REUTERS/Tyrone Siu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akhir pekan kemarin media sosial ramai dibanjiri foto pemandangan kolam bunga teratai raksasa di Taman Shuangxi, Taipei, Taiwan. Bukan sulap dan bukan photoshop, pemandangan flora ajaib itu memang benar adanya.

Dikutip dari Travel and Leisure pada Selasa (21/8), Taman Shuangxi sedang mengalami musim mekar bunga teratai raksasa yang sempat menghilang selama satu dekade.

Selain fenomena mekar bunga teratai raksasa, taman itu juga sedang menggelar pameran flora yang bekerjasama dengan City Parks and Street Lights Office (PSLO).


Berbeda dengan bunga teratai pada umumnya, bunga teratai jenis Victoria amazonica itu berukuran sangat besar, bahkan bisa diduduki oleh orang dewasa dan anak kecil sekaligus.

Di Taman Shuangxi bunga itu berukuran mulai dari tiga sampai delapan meter.

Pengelola taman menempatkan wadah plastik agar tanaman tidak rusak ketika diduduki.

Mereka juga memberi kesempatan pengunjung untuk duduk di bunga teratai yang dirasa kuat menopang beban.

Pengunjung diberi kesempatan duduk dan berfoto di atasnya hanya beberapa menit sehingga kelestarian tamanan tersebut tetap terjaga.

Bunga teratai raksasa ini merupakan flora eksotis yang belum tentu mekar setiap tahunnya.

Bunga Teratai Raksasa Mekar di TaipeiPengunjung boleh duduk dan berfoto dalam beberapa menit saja. (REUTERS/Tyrone Siu)

Pengeloa taman mengatakan kalau musim mekar bunga teratai raksasa pada tahun ini merupakan yang terbesar.

Namun mereka juga khawatir kalau musim mekar tahun ini merupakan yang terakhir, karena faktor perubahan iklim yang mengancam tumbuh kembang sang bunga.

"Belum lagi beragam binatang yang gemar memakan tumbuhan ini seperti cacing dan siput. Jika mereka kami biarkan maka tanaman ini cuma tumbuh seadanya atau rusak. Bakal banyak lubang di sekitarnya," kata salah satu pejabat PSLO Lin Chao-Chin, seperti yang dikutip dari Metro.

Bagi yang sedang berada di Taipei, pameran flora unik ini masih bisa disaksikan hingga tanggal 25 Agustus sampai pukul 2 siang.

Setiap harinya hanya ada 60 orang yang diperbolehkan mendaftar untuk menumpangi bunga teratai raksasa ini.

(ard)