Trik Buat Daging Kurban Iduladha Jadi Lebih Cepat Empuk

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 22/08/2018 08:36 WIB
Trik Buat Daging Kurban Iduladha Jadi Lebih Cepat Empuk ilustrasi daging sapi (Pixabay/miriangil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Raya Iduladha tak bisa dipisahkan dari daging kurban.

Tiap rumah tangga pasti menyiapkan hidangan serba daging. Masalah yang kerap ditemui adalah cara membuat daging empuk tanpa harus mengorbankan terlalu banyak bahan bakar dan juga waktu yang lama. 

"Daging, terutama daging kambing kalau memasaknya salah, dia bisa keras. Saya biasa pakai daun pepaya, lebih alami dan daging bisa empuk," ujar chef restoran Potato Head, Jumhadi saat ditemui Jakarta beberapa waktu lalu.



Ia menjelaskan, langkah pertama yang perlu dilakukan ialah bersihkan daging kambing kemudian potong sesuai keinginan. Disarankan untuk tidak membersihkan daging dengan air atau dicuci karena kontak daging kambing dengan air akan menyebabkan daging jadi berbau prengus. 

Menurutnya, hewan yang biasa untuk kurban merupakan hewan yang aktif bergerak sehingga serat dagingnya lebih keras dan padat. Daun pepaya dianggap lebih ampuh untuk membuatnya empuk. 

"Daging yang sudah dipotong-potong, diremas bersama daun pepaya. Diamkan campuran daging dan daun pepaya selama 30 menit sampai satu jam, itu sudah cukup," jelas Jumhadi. 

Mengapa daun pepaya bisa membuat daging jadi empuk?

Dalam kesempatan serupa, chef Aditya berkata daun pepaya mengandung zat papain. Zat inilah yang membuat daging terasa empuk. Trik ini pula yang biasa digunakan untuk membuat masakan India. 

"Tapi mereka biasanya sudah punya dalam bentuk bubuk, jadi tinggal tabur saja," imbuhnya. 


Untuk membuatnya sajian daging kambing kurban lebih enak, maka sajikan dengan tambahan sayuran.

Sayur bisa ditambahkan langsung saat memasak daging misalnya wortel atau kembang kol, bisa juga dijadikan makanan pendamping. 

Sayur dapat diolah menjadi salad dengan dressing air jeruk lemon sehingga ada perpaduan rasa daging yang gurih dengan rasa segar salad. Sajian ini bisa menjadi hidangan yang tepat untuk santapan saat Iduladha bersama keluarga.

"Kalau salad cenderung bahan-bahannya dianggap mahal. Kita bisa pilih selada air yang murah. Rasanya asam, tidak begitu pahit," katanya. (chs)