5 Negara 'Asing' di Asian Games 2018

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 21/08/2018 20:43 WIB
5 Negara 'Asing' di Asian Games 2018 Kontingen Bhutan di Asian Games 2018. (REUTERS/Issei Kato)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ajang pertandingan olahraga Asian Games 2018 diikuti oleh sebanyak 45 negara. Tak hanya cabang olahraganya, sebagian besar penduduk Indonesia merasa masih asing dengan negara-negara yang menjadi peserta.

Dari pantauan CNNIndonesia.com, banyak netizen Indonesia yang mengaku tertarik mengenal negara-negara yang namanya jarang terdengar di telinga, seperti Turkmenistan, Tajikistan, Kyrgyzstan, Kazakhstan dan Bhutan.

Berbicara mengenai pariwisata, kelima negara tersebut memiliki keunikannya tersendiri. Bisa dibilang, jumlah turis yang datang ke sana masih belum terlalu banyak, sehingga bisa dijadikan pilihan untuk perjalanan wisata mendatang.


Secara singkat berikut ini sejumlah destinasi wisata menarik di Turkmenistan, Tajikistan, Kyrgyzstan, Kazakhstan dan Bhutan:

1. Turkmenistan

Turkmenistan berada di selatan tengah Asia. Negara seluas 1,5 juta kilometer persegi--atau hampir seluas Spanyol, ini dihuni oleh 5 juta jiwa.

Berbatasan dengan Iran, Afghanistan, Uzbekistan dan Kazakhstan, negara ini juga berpemandangan Laut Kaspia dan Gurun Karakum.

Musim panas berlangsung hampir sepanjang tahun di sini. Ada musim salju namun tak begitu dingin karena pengaruh udara gurun.

Turkmenistan disebut sebagai 'Korea Utara dengan ladang minyak'. Jadi bayangkan saja negara kecil yang tertutup dan masih kental dengan tradisi.

Suku-suku aslinya yang dipengaruhi budaya Islam-animisme masih banyak yang bermukim di gurun.

Ashgabat merupakan ibukota Turkmenistan yang menyimpan banyak gedung-gedung bersejarah peninggalan Soviet. Museum dan galeri seni juga bisa dikunjungi di sini.

Sementara Konye-Urgench merupakan kota tua yang menyimpan banyak sejarah Jalur Sutera.

Bagi yang gemar wisata alam, tentu saja mengunjungi 'gerbang neraka' Darvaza menjadi kegiatan utama.

5 Negara 'Asing' di Asian Games 2018'Gerbang neraka' Darvaza. (Istockphoto/Iwanami_Photos)

2. Tajikistan

Hampir sama dengan Turkmenistan, Tajikistan juga negara yang tertutup dari dunia luar. Negara ini berbatasan dengan Afghanistan, China, Kyrgyzstan dan Uzbekistan.

Sejarah Jalur Sutera dan Kerajaan Persia sangat kental di sini.

Selain kota tua di Penjikent, turis biasanya mendatangi pegunungan Pamir, perbukitan Zeravshan dan Yagnob serta Danau Iskanderkul.

Soal suhu cuaca di sini bisa dibilang lebih sejuk.

[Gambas:Instagram]

3. Kyrgyzstan

Masih negara yang medannya dikelilingi pegunungan, Kyrgyzstan berbatasan langsung dengan Kazakhstan, Uzbekistan, Tajikistan dan China.

Puncak pegunungan di sejumlah taman nasionalnya banyak dikunjungi oleh turis yang ingin melakukan kegiatan ski atau mendaki.

Danau garam Issyk Kul, Hutan Arslanbob, dan padang rumput Bishkek juga menjadi destinasi yang ramai dikunjungi.

Jangan kaget jika melihat banyak penduduk asli yang tinggal di tenda atau yurts selama melakukan perjalanan di pedalaman Kyrgyzstan.

Mereka bakal dengan senang hati menyambut turis dengan makanan dan minuman tradisional.

[Gambas:Instagram]

4. Kazakhstan

Kazakhstan merupakan negara di selatan tengah Asia yang paling besar. Negara ini berbatasan dengan Rusia, China, Kyrgyzstan, Uzbekistan dan Turkmenistan.

Negara ini kaya akan minyak dan gas alam. Meski demikian, negara ini cukup tertutup dari dunia luar.

Tebing Charyn Canyon, Shymbulak Ski Resort, dan Danau Kaindy menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi turis selama berada di sini.

Bagi yang ingin berbelanja dan mencoba kuliner tradisonalnya bisa datang ke Almaty's Green Market.

[Gambas:Instagram]

5. Bhutan

Negara kecil di pegunungan Himalaya ini diapit oleh Tibet, China dan India.

Bhutan disebut sebagai negara terbahagia di dunia karena penduduknya sangat cinta kedamaian.

Sebanyak 672 ribu penduduknya merupakan pemeluk Buddha yang taat, sehingga ada banyak perguruan Buddha di sini.

Kecantikan alam Bhutan sampai banyak orang menyebut negara ini sebagai 'The Last Shangrila'.

Mendatangi Tebing Taktsang Lhakhang, Jhomolhari Trek, Sakteng Wildlife Sanctuary, Desa Sopsokha atau Festival Tsechu bisa masuk dalam kegiatan turis selama di sini.

[Gambas:Instagram]

(ard)