Polling: Kopi Hitam Lebih Disukai Daripada Kopi Susu Kekinian

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 25/08/2018 18:18 WIB
Polling: Kopi Hitam Lebih Disukai Daripada Kopi Susu Kekinian ilustrasi kopi hitam (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kopi bukan lagi hanya untuk mereka yang suka begadang, orang tua, atau mereka yang harus punya ekstra energi untuk beraktivitas.

Tak cuma bicara untuk mereka yang termasuk golongan milenial, tapi juga semua lapisan masyarakat dari semua usia, generasi, dan tingkat sosial.

Beruntung, di Indonesia memiliki berbagai varian kopi yang bisa menyasar semua kalangan. Tinggal pesan sesuai yang diincar, sang barista pun dengan sigap membuatkan pesanan Anda.



Hanya saja dari berbagai jenis kopi populer di Indonesia yaitu kopi hitam, kopi susu klasik (kopi dengan krim kental manis), kopi susu kekinian, dan capuccino, manakah yang paling populer di kalangan netizen?

Berdasarkan jajak pendapat online yang dilakukan CNNIndonesia.com terhadap 347 responden, 40 persen responden mengaku lebih memilih kopi hitam sebagai varian favoritnya.

Di posisi kedua, 31 persen lainnya memilih capuccino, 17 persen lainnya memilih kopi susu klasik sebagai favoritnya. Diikuti dengan 12 responden yang mengaku suka kopi susu kekinian.

Kepopuleran kopi hitam tak cuma mendominasi polling online, namun juga wawancara responden yang dilakukan CNNIndonesia.com.

Setidaknya, ada 6 dari 10 orang anak muda yang mengaku lebih suka minum kopi hitam dibanding varian lainnya.

Survei: Kopi Hitam Lebih Disukai Ketimbang Kopi Susu KekinianFoto: Unsplash/Pixabay

"Karena keontentikan rasa dari sebuah kopi itu bakalan keluar sepenuhnya apabila dibandingkan dengan kopi yang dicampur dengan bahan lain," ungkap Leonardus Rama salah seorang responden kepada CNNIndonesia.com.

"Kopi hitam tanpa gula. Karena rasa dan aroma khas kopinya tidak berubah. Jadi bisa merasakan berbagai jenis kopi dari berbagai daerah," kata Monica Warih Widi responden lainnya yang berprofesi sebagai mahasiswa.

"Karena saya suka cium aroma kopi yang baru diseduh dan enggak semua kopi kekinian itu nyambung sama selera saya. Kadang-kadang terlalu maksa. Contohnya kopi susu alpukat," kata Gabriela Natasya Manueke.

Di bawah kopi hitam, capuccino juga menyusul jadi minuman favorit. Berdasar wawancara setidaknya 2 dari 10 orang memfavoritkan minuman dengan buih susu tersebut.

Foto: CNN Indonesia/Adhyra Ramadiani

"Perpaduan antara ekspreso dan susu menurut saya bisa memunculkan sensasi rasa yang unik," ungkap Adi Surya Samodra, salah satu responden.

Berada di bawahnya, kopi susu klasik dan kopi susu kekinian masih berusaha merebut posisi selanjutnya. Kopi susu klasik dan kopi susu kekinian setidaknya difavoritkan oleh 1 dari 10 orang.

"Rasa kopi tidak terlalu pahit. Aroma susu kental manis bercampur aroma kopi yang menggugah selera. Dan kafein pada kopi susu terkesan tidak terlalu terasa, itu yang membuat nikmat," kata Wintang Aji ketika ditanya soal alasannya memilih kopi susu klasik.


Namun, berbeda dengan pecinta kopi susu klasik, pecinta kopi susu kekinian juga punya alasannya sendiri ketika menikmati minuman trendi tersebut. Kebanyakan orang menikmati kopi susu kekinian dengan alasan tren dan suka coba-coba.

"Saya suka nyoba varian-varian kopi di banyak coffee shop buat perbandingan. Soalnya kalau minum kopi di kedai kopi bukan cuma tentang kopinya aja tapi fasilitas lainnya, kayak wifi atau tempatnya instagrammable enggak sih?" kata Laura, pecinta kopi kekinian.

Polling ini bukan survei ilmiah dan hanya dilakukan di akun Twitter CNN Indonesia. (chs)