Jangan Sembarangan Tempel Stiker di Koper

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 27/08/2018 14:52 WIB
Jangan Sembarangan Tempel Stiker di Koper Ilustrasi. (AFP PHOTO / Adek BERRY)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sesaknya orang beserta kereta dorongnya menjadi pemandangan lumrah di jalur pengambilan bagasi bandara (conveyor belt). Kalau sudah terlalu lelah atau diburu waktu situasi itu bisa jadi sangat menyebalkan.

Berterimakasihlah kepada petugas bagasi yang selalu berusaha menjemput barang bawaan penumpang dari dalam pesawat ke conveyor belt.

Tanda berupa stiker dari maskapai yang berisi identitas nomor penerbangan, rute dan nama penumpang yang tercantum di barang bawaan membuat pekerjaan mereka lebih mudah.


Oleh sebab itu disarankan sebaiknya tas atau koper tak ditempeli banyak stiker atau tanda berhuruf lain kecuali dari maskapai.

Stiker dari penerbangan sebelumnya juga wajib dilepas sebelum kembali terbang.

Pasalnya banyak penumpang yang malas mencopotnya dan mengakibatkan tas atau kopernya terbawa dalam penerbangan lain.

Kalaupun ada stiker atau tanda yang ingin ditempel, sebaiknya berupa identitas singkat sang pemilik barang; nama, alamat e-mail, nomor telepon dan alamat kantor.

Jangan membuat tanda identitas terlalu mencolok. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah ada orang selain petugas bagasi yang membacanya.

Hindari juga menyantumkan alamat rumah lengkap, karena bisa saja ada orang yang berniat jahat atas bawang bawaan tersebut.

Jika sedang bepergian ke luar negeri, sebaiknya juga tidak menempeli tas atau koper dengan stiker bergambar bendera kenegaraan.

Sama seperti stiker yang lupa dilepas, dikhawatirkan barang bawaan nantinya malah salah alamat pesawat.

Dikutip dari Travel and Leisure pada Senin (27/8), calon penumpang bisa menyimpan foto barang bawaan yang dibawanya, sehingga jika terjadi ketinggalan atau kehilangan petugas bagasi bisa segera mencarinya dengan panduan yang pasti.

Tips yang terakhir bawalah tas atau koper dengan warna yang mecolok, seperti merah, kuning atau hijau, agar penampakannya bisa langsung terlihat saat melintas di conveyor belt.

Dengan begitu waktu menunggu di bandara akan terasa lebih singkat.

(ard)