Manfaat Main Badminton: Tubuh Six Pack bak Jonathan Christie

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 16:44 WIB
Manfaat Main Badminton: Tubuh Six Pack bak Jonathan Christie Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie melakukan servis ke arah lawannya pebulu tangkis Jepang Kenta Nishimoto, pada babak semifinal Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (27/8).(ANTARA FOTO/INASGOC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebulutangkis Jonatan Christie atau yang akrab disapa Jojo berhasil menyabet medali emas ke-23 untuk Indonesia. Jonatan Cristie berhasil mengalahkan wakil Taiwan Chou Tien Chen di pertandingan final, Selasa (28/8).

Namun bukan cuma emas saja yang membuat Jonatan Christie jadi idola para wanita. Aksi telanjang dada yang dilakukan Jojo saat memenangkan pertandingan semifinal bulu tangkis Asian Games 2018 membuat para wanita kepincut sosok tampan dan tubuh six pack ala 'roti sobeknya.'

Aksi smash dan rally umpan yang dilambungkan Jojo, Anthony Ginting, sampai pasangan ganda putra Kevin/Markus tak ayal membuat permainan dengan raket dan kok ini kembali diminati masyarakat umum.



Hanya saja bulu tangkis atau badminton ini ternyata bukan sekadar permainan yang menyenangkan, tapi badminton juga jadi olahraga yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan dan juga membentuk tubuh six pack seperti Jonatan Christie.

Mengutip Menxp, berikut beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan dari bermain badminton.

1. Cara Termudah Membakar Kalori

Bermain bulu tangkis selama satu jam ternyata sama dengan membakar 480 kalori. Jika Anda membiasakannya, Anda akan kehilangan empat kg selama satu bulan. Olahraga ini dipercaya cepat membakar kalori karena proses seperti lari dan lompat dari permainan bulu tangkis membuat otot tubuh bereaksi.

2. Membantu Toning Otot dan Menyehatkan Fisik Anda
Pukulan smash atau drop merupakan latihan toning mini. Setiap 'tembakan' bulu tangkis melatih area di sekitar pinggang Anda. Lama-kelamaan hal ini akan membantu membentuk otot tubuh dengan baik. Badminton akan membantu melatih dan membentuk otot bokong, paha depan, dan paha belakang.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Berlari dan melompat saat bermain bulu tangkis bisa meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Badminton juga dianggap sebagai salah satu latihan kardio untuk tubuh.

4. Melatih Ketangkasan Tubuh dan Otak
Gerak reflek pada permainan bulu tangkis akan meningkatkan rasa waspada dan membantu Anda lebih konsentrasi terhadap pekerjaan yang sedang dikerjakan. Secara alami latihan ini akan membuat tubuh lebih kuat dan meningkatkan ketangkasan otak.

Jonathan Christie Foto: REUTERS/Cathal Mcnaughton
Jonatan Christie

5. Mengoptimalkan Fungsi Jantung
Olahraga bulu tangkis melatih dan memperkuat otot jantung, khususnya bagi orang yang berusia di atas 40 tahun. Pasalnya di usia ini beragam penyakit seperti kolesterol akan menyerang dan menyebabkan penyumbatan dinding jantung.


6. Meningkatkan Kepadatan Tulang
Bermain bulu tangkis juga membantu pertumbuhan sel-sel yang memperkuat kinerja fisik secara keseluruhan. Olahraga ini juga akan membantu meningkatkan kepadatan tulang.

7. Mengurangi Risiko Diabetes
Dengan bermain bulu tangkis selama satu jam, tubuh memiliki aktivitas fisik yang membuat kadar gula dalam darah menjadi stabil.

8. Meningkatkan Kinerja Paru-paru
Olahraga bulu tangkis meningkatkan fungsi paru dan membantu ketergantungan mendengkur saat tidur. (sen/chs)