4 Trik Miliki Perut 'Roti Sobek' ala Jonatan Christie

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 18:28 WIB
4 Trik Miliki Perut 'Roti Sobek' ala Jonatan Christie Jonatan Christie. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jonatan Christie berhasil meraih emas untuk cabang olahraga bulutangkis pada Asian Games 2018. Para penonton setia bulutangkis pasti tak lupa selebrasi kemenangan Jonatan saat berhasil meraih kemenangan. Dia serta merta melepas kaos tanpa peduli bahwa dirinya masih berada di lapangan.

Tak pelak, aksinya ini mengundang jerit penonton, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Apa penyebabnya? Adalah perut kotak-kotak mirip 'roti sobek' yang dimiliki Jonatan.

Namun, seseorang tak perlu menjadi atlet untuk memiliki perut sempurna. Ikuti beberapa trik berikut, maka tak ada kata mustahil untuk memiliki perut 'roti sobek'.


1. Perhatikan asupan protein

Seorang personal trainer, Jamin Thompson, mengatakan bahwa protein dapat membantu tubuh membentuk otot. Dari ketiga jenis makronutrisi yang ada, protein memberikan efek paling besar terhadap tubuh.


Para atlet ataupun mereka yang ingin membentuk tubuh perlu mengonsumsi protein yang diperlukan untuk membakar lemak tubuh sehingga terbentuk otot sempurna.

2. Karbohidrat bukan musuh

Sebagian orang menganggap karbohidrat adalah 'musuh'. Bahkan, salah satu jenis diet benar-benar mengeliminasi karbohidrat dalam asupannya. Karbohidrat dianggap dapat membuat tubuh gemuk.

"Ini sungguh mitos yang perlu dihilangkan," kata Jamin dikutip dari Body Building.

Menurutnya, mengonsumsi segala jenis makanan dalam jumlah besar akan membuat berat badan meningkat drastis. Namun, karbohidrat yang berasal dari kentang, beras merah, dan oatmeal justru memberikan manfaat sekaligus diperlukan jika ingin perut six pack.


Konsumsi karbohidrat pasca-berolahraga membuatnya memiliki sedikit kesempatan untuk bertransformasi menjadi lemak tubuh.

3. Konsumsi lemak sehat

Selain protein dan karbohidrat, lemak juga jangan dilupakan. Jamin menyarankan Anda untuk mengonsumsi lemak sehat yang terdiri dari lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

"Saya bisa bilang kalau Anda tak perlu takut memasukkan lemak ke dalam diet harian," kata Jamin.

Anda bisa mendapatkan lemak sehat ini melalui konsumsi kacang mentah, selai kacang, minyak ikan, dan minyak zaitun. Lemak akan menjaga kestabilan kadar insulin tubuh, apalagi jika ingin membentuk si 'roti sobek'.

4. Kuasai 'plank'

Demi perut rata, seseorang kerap melatih bagian perut dengan 'crunches' maupun sit up. Harapannya, lemak perut luruh dan terbentuklah perut rata.

Namun, personal trainer lainnya, Mike Wuncsh justru lebih menyarankan gerakan lain. Menurutnya, sit up dan gerakan latihan perut membuat inti tubuh tidak kuat. Gerakan semacam ini akan membuat tulang belakang berputar.

Sebaiknya, tambahkan menu gerakan plank atau push up selama lebih dari satu menit. Gerakan ini tak membuat tulang belakang berputar. (asr/chs)


ARTIKEL TERKAIT