5 Kriteria Pekerja Milenial yang Mudah Dapat Kerja

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 29/08/2018 08:48 WIB
5 Kriteria Pekerja Milenial yang Mudah Dapat Kerja ilustrasi kerja (Bench Accounting via StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di tahun ini, generasi milenial atau generasi kelahiran merupakan 1980-2000 untuk mencari pekerjaan. Namun, komposisi generasi milenial yang melimpah membuat persaingan mencari pekerjaan di perusahaan kian kompetitif. 

Perusahaan hanya bakal menerima para pekerja milenial yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, perusahaan juga mencari milenial yang memiliki beberapa kriteria. Kriteria itu tercermin dari sikap dan perilaku pada seorang milenial.

Berikut lima kriteria pekerja milenial yang dicari oleh perusahaan.



1.  Kreatif
Head of Human Resources Shopee Indonesia Jenie Simon menjelaskan salah satu kriteria yang mesti dimiliki milenial di dunia kerja adalah kreativitas. Di era digital ini, milenial yang kreatif dibutuhkan untuk meningkatkan performa perusahaan.

"Semuanya sekarang serba digital dan teknologi. Anak muda yang kreatif akan sangat bermanfaat dalam hal ini," kata Jenie saat diskusi media di Jakarta, beberapa waktu lalu.

2. Adaptif
Milenial yang cepat menyesuaikan diri atau mampu beradaptasi dengan baik sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Janie menjelaskan perusahaan banyak mendapatkan beragam tantangan yang menuntut para pekerja untuk beradaptasi dengan perubahan di berbagai bidang seperti lingkungan, teknologi dan peraturan yang berlaku.

3. Berpikiran terbuka
Milenial yang berpikiran terbuka menjadi salah satu kriteria yang dicari oleh perusahaan. Memiliki pikiran yang terbuka membuat seseorang lebih mudah menerima masukan, cepat memahami beragam persoalan dan menyelesaikannya demi kemajuan perusahaan.

4. Inisiatif
Berani mengambil peran dan berinisiatif terlebih dahulu menjadi nilai plus yang dicari oleh perusahaan. Perusahaan membutuhkan orang-orang yang mampu mengambil keputusandan melakukan sesuatu tanpa harus diberi tahu terlebih dahulu.

"Soal kriteria yang jelas mereka harus kreatif, adaptif, berpikiran terbuka, mau bekerja keras, dan inisiatif," tutur Jenie.


5. Punya banyak pengalaman kerja ketimbang pendidikan tinggi
Penulis buku mengenai milenial dan kreativitas Yoris Sebastian juga menyebut salah satu kriteria yang dicari perusahaan adalah orang yang siap kerja dan mampu bekerja keras. Hal ini dapat dibuktikan dari pengalaman kerja atau magang.

"Buat saya, milenial sekarang suka enggak suka ya harus siap kerja," tutur Yoris dalam kesempatan yang sama.

Yoris membagikan riset yang dilakukannya bahwa HRD cenderung merekrut orang yang memiliki pengalaman kerja ketimbang pendidikan yang tinggi.

"Antara S1 dan sudah dua tahun kerja dibanding S1 plus S2, praktisi HR cenderung pilih yang pertama kecuali S2nya benar-benar yang spesifik dan jarang," ucap Yoris. (chs)


ARTIKEL TERKAIT