FOTO: Kota Tua Turki yang Tenggelam

AFP PHOTO/Yasin AKGUL, CNN Indonesia | Rabu, 29/08/2018 12:13 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kota tua berusia lebih dari 10 ribu tahun di Turki terancam tenggelam karena proyek pembangunan bendungan air.

Kota tua berusia lebih dari 10 ribu tahun di Turki, Hasankeyf, terancam tenggelam. Pasalnya, kawasan itu berada di jalur air dari proyek pembangunan Bendungan Ilisu. (AFP PHOTO / Yasin AKGUL)
Tentara Turki mengawal pemindahan bangunan kuno Artuklu Hamam yang seberat 1.600 ton ke lokasi baru. Hasankeyf menjadi saksi bisu peradaban Roma, Bizantium, sampai Ottomann di Turki. Bangunan kuno bersejarah masih banyak ditemukan di sana, dan menjadi objek wisata sejarah yang sering dikunjungi turis. (AFP PHOTO / Ilyas AKENGIN)
Dari Ankara, kota tua Hasankeyf bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama satu hari atau penerbangan selama dua jam. (AFP PHOTO / Yasin AKGUL)
Anak-anak berenang di Sungai Tigris. Hingga saat ini, Hasankeyf dihuni oleh lebih dari 80 jiwa. Pemukiman di sana merupakan salah satu pemukiman kuno yang masih eksis di dunia. (AFP PHOTO / Yasin AKGUL)
Selain menenggelamkan rumah-rumah, aliran air dari bendungan juga dikhawatirkan akan membuat hewan-hewan asli di sana minggat, seperti kura-kura dan burung. (AFP PHOTO / Yasin AKGUL)
Pemerintah Turki mengatakan kalau Bendungan Ilisu bakal memberi lebih banyak pasokan listrik ke kawasan tersebut. Mereka juga berjanji bakal memindahkan pemukiman, bangunan kuno, dan monumen bersejarah ke tempat baru. Tapi masyarakat dan aktivis menolak rencana tersebut. (AFP PHOTO / Yasin AKGUL)
Upaya memindahkan pemukiman mungkin masih terbilang masuk akal. Tapi, untuk benda bersejarah—seperti bangunan dan monumen, mungkin tidak. Karena, banyak yang bersemayam di dalam gua. (AFP PHOTO / Yasin AKGUL)
Sebagai antisipasi, saat ini pemerintah Turki sudah membuat benteng penahan agar air tidak masuk ke dalam gua sehingga menyebabkan erosi. (REUTERS/Sertac Kayar)
Proyek Bendungan Ilisu telah direncanakan sejak tahun 1950-an, dan disetujui pada 2006. (AFP PHOTO / Yasin AKGUL)
Pembangunannya sempat ditunda pada 2008 karena Bank Dunia tidak sepakat dengan rencana penggusuran tempat bersejarah di sana. (AFP PHOTO / Yasin AKGUL)