Gendu Durian, Makanan Favorit Atlet Asing di Asian Games 2018

Antara, CNN Indonesia | Rabu, 29/08/2018 15:20 WIB
Gendu Durian, Makanan Favorit Atlet Asing di Asian Games 2018 ilustrasi durian (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keramaian Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta ternyata juga memberi berkah tersendiri pada penjual makanan tradisional.

Hal ini tak pelak menjadi sarana yang tepat untuk memperkenalkan makanan tradisional Indonesia yang tak kalah lezat dari makanan negara lain.

Penjual gendu durian adalah salah satu yang berhasil menangguk untung besar saat Asian Games 2018. Gendu Durian, kue manis yang berasal dari Blora ini ternyata tak cuma diserbu masyarakat tapi juga jadi makanan favorit para atlet.



Spesifiknya, gendu durian ini menjadi makanan favorit para atlet dari Korea, Jepang, China.

Fransisca Yunisa, penjaja makanan di GBK mengatakan bahwa atlet dari negara tetangga sering datang ke tempatnya untuk membeli gendu durian.

"Gendu durian paling sering diborong orang Korea dan Hong Kong. Makanan ini sebenarnya camilan khas Blora, mirip seperti lempok tetapi bentuknya kukis," katanya dikutip dari Antara.

Selain disukai oleh atlet, wartawan luar negeri dari Filipina dan Lebanon diklaim juga menyukai kue dengan isian durian ini.

Gendu durian sendiri pada dasarnya mirip dengan kue nastar hanya saja kulit kuenya lebih tebal dibanding nastar.


Kue ini terdiri dari dua bagian yaitu isian selai durian dan kulit kue keringnya. Kue ini lantas dibentuk lonjong menyerupai gendu atau ulat sagu.

Selain kue gendu durian, Arneli, pedagang makanan lainnya mengungkapan bahwa supporter-supporter asing juga menyukai cita rasa makanan Padang.

"Mereka suka makanan yang berempah, tetapi mereka tidak suka yang terlalu pedas dan bersantan seperti lontong," kata dia. (chs)