Yang Perlu Diketahui Sebelum Berwisata ke Yordania

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 30/08/2018 18:36 WIB
Yang Perlu Diketahui Sebelum Berwisata ke Yordania Petra merupakan kawasan wisata yang dikenal dengan julukan The Red Rose City. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak banyak wisatawan yang menengok Yordania sebagai destinasi wisata. Bahkan, jumlah kunjungan turis ke negara di Asia Barat ini telah menurun sebanyak 66 persen sejak tahun 2011.

Kondisi itu terjadi akibat berbagai konflik dan perang saudara di Tanah Arab, terutama, Suriah yang mengurungkan niat turis menginjakkan kaki di tanah Yordania. Padahal Yordania sarat akan keindahan dan kedamaian yang sukar ditemukan di tempat lain.

Negara ini menawarkan banyak objek wisata bersejarah yang indah, seperti reruntuhan kota Petra, pusat perbelanjaan dan kafe modern di Amman hingga hamparan Laut Mati dan Laut Merah.


Bisa dibilang, Yordania merupakan surga timur tengah yang tak banyak disadari warga dunia.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke Yordania, seperti yang dikutip dari Fodor pada Kamis (30/8):

1. Aman

Terletak berbatasan dengan Arab Saudi di selatan, Irak di timur laut, Suriah di utara, Israel dan Palestina di barat membuat dunia kerap menganggap Yordania sebagai negara Arab yang sedang mengalami konflik.

Namun tak begitu faktanya menurut kebanyakan turis yang telah berkunjung ke Yordania. Negara ini justru menawarkan suasana aman, damai, dan menyenangkan.

[Gambas:Instagram]

2. Sarat petualangan

Walau memiliki suasana sekitar yang nyaman dan damai, Yordania tak luput dari berbagai atraksi wisata menegangkan yang tak akan terlupakan.

Olahraga air di Wadi Mujid, berkemah di Wadi Rum hingga pengalaman menunggangi unta melewati gurun pasir merupakan beberapa di antaranya.

3. Ramah

Tradisi Suku Badui masih melekat di ingatan penduduk Yordania, sehingga mereka selalu mengutamakan keramahan dalam setiap sikap.

Jangan kaget saat disuguhi makanan, minuman, atau menginap saat datang ke rumah mereka.

[Gambas:Instagram]

4. Kaya atraksi

Petra yang sering disebut dengan Kota Mawar Kuno merupakan salah satu objek wisata paling populer di Yordania.

Selain Petra, masih banyak objek wisata lainnya yang juga tak kalah menarik. Seperti Amman, wilayah modern Yordania yang kaya akan sejarah, Cagar Alam Dana dengan hamparan lembah menakjubkan atau kota tua Madaba.

5. Hemat air

Berada di Timur Tengah, matahari di Yordania selalu bersinar cerah. Hal ini mengakibatkan sedikitnya ketersediaan air yang ada, sehingga penting bagi turis agar tidak menggunakan air secara berlebihan.

[Gambas:Instagram]

6. Tak murah

10 Dinar Jordan berarti Rp207 ribuan. Tentu saja harga-harga di Yordania jadi lumayan mahal.

Jadi, pastikan membekali diri dengan keuangan yang lebih sebelum datang ke sini.

7. Suvenir asli lokal sukar ditemukan

Pasar yang penuh dengan kerajinan tangan bisa anda temukan di beberapa lokasi di Yordania. Namun sesungguhnya suvenir-suvenir itu bukan buatan lokal.

Suvenir lokal asli Yordania bisa dibeli di beberapa perusahaan sosial seperti Summaga Cafe, Yayasan Sungai Jordan atau Montreal Hotel, yang memang punya tujuan berkontribusi membantu komunitas lokal.

[Gambas:Instagram]

8. Turis wajib adaptasi

Walau kebanyakan wanita di Yordania tak berkerudung layaknya negara mayoritas Muslim lainnya, namun perbedaan muhrim tetap dijunjung tinggi di sini.

Turis sebaiknya tak mengenakan baju terbuka atau melakukan sesuatu yang sekiranya bisa melukai hati pemeluk agama Islam di Yordania.

9. LGBT masih ilegal

Mengunjungi Yordania dengan pasangan sesama jenis tak akan menjadi masalah, meskipun aksi homoseksual yang terpampang nyata di publik merupakan hal yang ilegal.

Kebijakkan ini justru lebih menyulitkan bagi transgender.

Jika keterangan jenis kelamin seseorang berbeda dengan penampakan aslinya, tak jarang hal ini melahirkan beberapa masalah. 

[Gambas:Instagram]

(fey/ard)