Paket Wisata Gratis 'Asian Games' Berakhir Pekan Ini

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Jumat, 31/08/2018 15:21 WIB
Paket Wisata Gratis 'Asian Games' Berakhir Pekan Ini Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Paket wisata yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta selama gelaran Asian Games 2018 akan berakhir berbarengan dengan selesainya Asian Games pada Minggu (2/9) mendatang.

Paket wisata tersebut memang disediakan untuk para atlet, ofisial, serta media asing yang hadir dalam rangka Asian Games 2018.

"Untuk paket wisata gratis ya hanya sampai 2 September saja," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disparbud DKI Asiantoro lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (31/8).


Sejumlah paket wisata yang disediakan oleh Pemprov DKI selama Asian Games 2018 antara lain heritage tour, national monument tour, shopping tour, serta art and culture tour.

Heritage tour merupakan paket wisata untuk mengunjungi sejumlah museum yang ada di Jakarta.

Di antaranya Monas, museum sejarah, museum wayang, museum Bank Mandiri, serta museum Bank Indonesia.

Untuk shopping tour adalah paket wisata yang mengajak untuk mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta, yakni Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, Plaza Senayan, serta Smesco.

Kemudian untuk art and culture tour ada pertunjukan seni wayang orang serta kunjungan ke pusat budaya Betawi Setu Babakan.

Asiantoro mengklaim paket wisata yang disediakan tersebut mendapat respon baik dari turis mancanegara yang memang hadir dalam rangka menyaksikan Asian Games di Jakarta.

"Untuk turis mancanegara, baik itu atlet, ofisial, dan media asing banyak mengunjungi destinasi yang kita tawarkan dan masyarakat lokal sangat senang," tuturnya.

Dari data Disparbud DKI hingga 29 Agustus, setidaknya ada 2.018 wisatawan mancanegara yang menikmati paket wisata tersebut.

Lebih dari itu, Asiantoro mengatakan hingga saat ini pihaknya masih belum memiliki rencana untuk melanjutkan paket wisata tersebut, terutama untuk umum, usai gelaran Asian Games selesai.

"Belum (ada rencana)," kata Asiantoro.

(ard)