10 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Vietnam

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 02/09/2018 23:52 WIB
10 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Vietnam Gold Bridge di Ba Na Hills, Vietnam. (AFP PHOTO / Linh PHAM)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vietnam, negara paling timur di Semenanjung Indochina, tak hanya menawarkan pengalaman kuliner yang kaya rasa namun juga wisata seni budaya khas timur dan selatan.

Kuil-kuil kuno menampilkan pengaruh China yang jelas di negeri Vietnam.

Sedangkan jalan raya luas dihiasi pepohonan dan bangunan-bangunan megah negara menjadi simbol periode kolonial Perancis.

Memilih destinasi wisata di negara ini rasanya tak sulit untuk dilakukan, melihat banyaknya lokasi-lokasi menarik nan indah yang bisa dikunjungi, mulai dari Hanoi hingga Sungai Mekong.


Dikutip dari TripSavvy pada Kamis (30/8), berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Hanoi

Ibu kota dari negara Vietnam, Hanoi menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Vietnam.

Sejumlah museum seperti Museum Ho Chi Minh dan Museum Penjara Hao Lao menawarkan pengunjung kesempatan untuk lebih memahami sejarah revolusi, perang dan seni Vietnam.

Menjelajahi Kawasan Tua yang bersejarah di Hanoi dengan berjalan kaki bisa menjadi pilihan jika anda ingin berbelanja barang atau jajanan lokal.

2. Halong Bay

Terletak di timur laut Vietnam, Halong Bay dikenal dengan perairan zamrud dan ribuan pulau batu kapur yang menjulang di atas hutan hujan.

Lokasi ini dapat dengan mudah dicapai dengan lima jam perjalanan bus dari Hanoi.

Menawarkan pemandangan yang begitu indah dipandang, Halong Bay telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1994.

[Gambas:Instagram]

3. Sapa

Sapa adalah kota pegunungan kecil di Provinsi Lao Cai yang terletak dekat perbatasan China, sekitar 350 kilometer dari Hanoi.

Indahnya teras sawah hijau yang rimbun dan pegunungan terjal, seperti Fan Si Pan yang merupakan puncak tertinggi di Vietnam dapat ditemui di kota ini.

Kegiatan mendaki atau interaksi dengan berbagai kelompok etnis, meliputi Hmong, Dao, Tay Giay dan Xa Pho bisa menjadi pilihan wisata yang menarik selagi berada di Sapa.

[Gambas:Instagram]

4. Hue

Terkenal sebagai kota paling mewah di negeri Vietnam, Hue adalah ibukota kekaisaran dinasti Nguyen pada masanya.

Berkat sejarah kuat yang dimiliki, kota ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Tempat-tempat bersejarah seperti Benteng Hoang Thanh, Klenteng Thien Mu dan beberapa makam kaisar menjadi saksi bisu peran Kota Hue dalam Perang Vietnam.

Turis kerap menikmati suasana kota dengan mengendarai sepeda.

5. Da Nang

Da Nang adalah kota terbesar ke-empat di Vietnam.

Terlepas dari beberapa tempat belanja dan wisata bersejarah, alasan utama mengapa Da Nang digemari banyak wisatawan adalah lokasinya yang dekat dengan Pantai My Khe, Lang Co, Hoi an dan My Son yang terkenal di mata Asia.

Pesisir kota Da Nang membentang sejauh 30 kilometer dengan perairan yang tenang dan sejuk.

Da Nang juga populer akan wisata air seperti memancing, ski air, menyelam dan berperahu pesiar.

6. Hoi An

Pernah berperan sebagai pelabuhan perdagangan yang penting di Asia Tenggara, kini Hoi An justru terkenal sebagai lokasi pariwisata.

Terdapat banyak toko penjahit murah di kota ini yang menerima pemesanan pakaian dan Jembatan Japan yang terkenal. Hoi An tidak memiliki bandara dan stasiun kereta api, sehingga perjalanan hanya dapat dilakukan melalui jalur darat dengan menyewa taksi dari kota-kota tetangga.

Beberapa kota di sekitar Hanoi memiliki bandara dengan penerbangan dari Hanoi, Ho Chi Minh dan kota-kota besar lainnya di Vietnam.

[Gambas:Instagram]

7. Nha Trang

Dikenal dengan sebuatan Rivera Laut Cina Selatan, Nha Trang menawarkan bentangan pesisir pantai sepanjang enam kilometer dengan pasir putih, perairan yang jernih, limpahan kehidupan laut dan terumbu karang.

Kota ini bisa dibilang pusat olahraga selam di Vietnam.

Vin Pearl Land merupakan salah satu resor bintang lima dan kompleks hiburan yang dapat dicapai menggunakan kereta gantung dari kota.

8. Mui Ne

Mui ne adalah kota resor pantai sepanjang Laut Cina Selatan terletak di Vietnam Tenggara.

Kondisi angin yang stabil membuat kota ini menjadi lokasi olahraga air yang strategis, meliputi selancar angin dan selancar layang.

Daerah ini hanya berjarak 4 jam perjalanan kereta dari Ho Chi Minh. Sepeda motor merupakan pilihan transportasi yang murah dan mudah didapati ketika ingin mengelilingi Mui Ne.

9. Ho Chi Minh (Saigon)

Walaupun namanya sudah diganti menjadi Ho Chi Minh dari pemimpin Komunisme Vietnam, wisatawan dan masyarakat lokal masih sering merujuk ke kota terbesar di Vietnam ini dengan nama Saigon.

Ho Chi Minh populer sebagai tujuan wisata karena budayanya yang memukau dan keindahan lanskap kota penuh dengan gedung pencakar langit, arsitektur Perancis klasik serta kuil dan klenteng.

Di samping itu, Ho Chi Minh juga memiliki kehidupan malam yang meriah di seluruh Vietnam dengan berbagai bar dan tempat minum murah yang ditawarkan.

[Gambas:Instagram]

10. Mekong Delta

Penuh dengan bentangan sungai, rumah panggung dan hamparan sawah, Mekong Delta menawarkan suasana wisata yang tenang dan jauh dari bisingnya kota.

Mekong Delta dapat dicapai dari Saigon dengan 4 jam perjalanan darat.

Pasar Terapung Cai Rang, Klenteng Vinh Trang, Kebun Buah Cai Be dan Hutan Bakau Tra Su merupakan beberapa atraksi wisata tradisional yang ditawarkan di sini.

(fey/ard)