7 Bahan Ampuh Penghilang Bekas Jerawat

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Minggu, 02/09/2018 05:11 WIB
7 Bahan Ampuh Penghilang Bekas Jerawat ilustrasi (Istockphoto/VladimirFLoyd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jerawat jadi salah satu masalah kulit yang tampak kecil dan sepele tetapi bisa menurunkan kepercayaan diri. Bahkan jerawat yang sudah sembuh sekalipun kadang menimbulkan bekas dan tak jarang sulit dihilangkan. 

Beragam jenis perawatan di klinik kecantikan menawarkan janji kulit mulus bebas bekas jerawat. Namun ini pasti tidak murah. Daripada merogoh kocek terlalu dalam demi jerawat, lebih baik mencoba bahan alami yang murah dan mudah didapat. Apa saja?

1. Air lemon


Air lemon nan asam tak hanya dimanfaatkan sebagai campuran makanan atau  minuman, tetapi juga sebagai senjata ampuh atasi bekas jerawta terutama bekas jerawat yang berwarna gelap. Hal ini disebabkan air lemon memiliki kandungan alami untuk mencerahkan kulit. 


Caraya, oleskan air lemon dan air biasa pada bekas jerawat saja tanpa terkena bagian kulit sekitarnya. Cuci setelah didiamkan selama 15-25 menit atau diamkan semalaman sebagai masker. Setelah itu cuci muka dan segera gunakan pelembap karena asam sitrat pada lemon bisa membuat kulit sangat kering. 

2. Cuka apel

Cuka apel mempunyai komponen antimikrobial yang berguna untuk mengusir kuman penyebab jerawat. Cuka apel juga memiliki komponen antiinflamasi untuk mengurangi peradangan dan kemerahan pada bekas jerawat serta membantu menghilangkannya. 

Untuk pemakaiannya, sebaiknya jangan langsung diaplikasikan pada wajah tetapi campurkan dengan madu dan air. Oleskan dengan kapas dan biarkan selama 10-20 menit, kemudian bilas. 

3. Lidah buaya

Gel lidah buaya dikenal mengandung banyak vitamin yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit dan mengatasi bekas jerawat. Lidah buaya juga merupakan pelembap alami yang membuat kulit terlihat segar dan terhidrasi. 

Banyak beredar produk berbahan gel lidah buaya, tetapi gel yang diambil dari tanamannya langsung bakal memperlihatkan efek yang lebih baik. Ambil gel dari lidah buaya yang sudah dikupas, kemudian pijatkan pada kulit wajah. Untuk hasil terbaik, diamkan terlebih dahulu sebelum dibilas. 

4. Baking soda

Baking soda dapat digunakan sebagai eksfoliator kulit dan meminimalisir bekas jerawat. Cukup campurkan baking soda dengan air hingga terbentuk pasta. Gosokkan perlahan pada kulit dan diamkan sebentar kemudian bilas. 


Akan tetapi tak semua jenis kulit dapat cocok dengan metode ini. Baking soda memiliki pH 7. Angka ini terlampau jauh dengan pH kulit yang umumnya 4,7-5,5. pH yang terlalu tinggi justru dapat membuat bakteri penyebab jerawat dapat bertahan lebih lama dan menyebabkan lebih banyak peradangan. Sebaiknya prosedur ini dihentikan jika tidak efektif. 

5. Madu

Madu banyak dimanfaatkan sebagai komponen obat tradisional. Rupanya madu pun bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bekas jerawat. Komponen antiinflamasi yang dimilikinya membantu memperbaiki kulit yang rusak dan mencegah kemunculan jerawat-jerawat berikutnya. Selain membantu menghilangkan bekas jerawat, madu juga merupakan pelembap alami yang mampu menghaluskan jaringan kulit yang terluka dan mempercepat penyembuhannya. 

6. Minyak kelapa

Minyak satu ini dikenal karena memiliki banyak manfaat termasuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Minyak kelapa kaya akan antioksidan, vitamin E dan K yang membantu memperbaiki kulit dan mendorong pertumbuhan jaringan kulit sehat. Jerawat baru pun bisa dipastikan tidak muncul lagi berkat kandungan antiinflamasi dan antimikrobialnya. 

Sebelum tidur, tuangkan minyak pada kedua telapak tangan. Tepukkan pada wajah terutama pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Bilas saat pagi. 

7. Bawang putih

Sebagian orang tak menyukai kehadiran bawang putih sebab aromanya yang tajam. Allicin, komponen penyebab aroma tajam ini justru bahan alami yang sakti melawan inflamasi, bakteri dan sebagai antioksidan. Cukup hancurkan satu siung bawang dan gosokkan pada bekas jerawat sebelum tidur. Diamkan kemudian bilas saat pagi. (chs)