Pasien Galau Bisa Berobat ke 'Mobil Antigalau' Kemensos

ANTARA, CNN Indonesia | Minggu, 02/09/2018 21:33 WIB
Pasien Galau Bisa Berobat ke 'Mobil Antigalau' Kemensos Ilustrasi. (stocksnap.io/Milada Vigerova)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semua orang bisa galau, baik tua maupun muda. Urusannya bisa mulai percintaan sampai duit. Hidup memang penuh pilihan dan terkadang seseorang sampai butuh bimbingan untuk keluar dari kebimbangannya.

Kementerian Sosial menyiapkan Mobil Antigalau bagi yang membutuhkan konsultasi untuk mencurahkan berbagai permasalahan serta mencari solusinya.

"Mobil Antigalau selalu ada di arena 'car free day' di kawasan Bunderan HI, siap menampung curhatan siapa saja yang butuh konsultasi," kata Pusat Penyuluhan Sosial (Kapuspensos) Kementerian Sosial RI, Tati Nugrahati di Jakarta, pada Minggu (2/8).


Tati mengatakan, siapa saja bisa berkonsultasi di mobil tersebut, bahkan jika hanya ingin mencurahkan isi hati dan berbagai permasalah bisa memanfaatkan secara gratis layanan tersebut.

Kehadiran Mobil Antigalau sebagai upaya jemput bola yang dilakukan Kementerian Sosial untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial yang ada di masyarakat.

Dengan cara tersebut juga bisa diketahui permasalahan sosial yang ada di tengah masyarakat.

Setelah berkonsultasi, maka disiapkan bantuan rujukan misalnya masalah anak dan tindak kekerasan.

Tati menjamin curhatan yang ditampung Mobil Antigalau akan dirahasiakan sehingga masyarakat tidak perlu takut permasalahannya akan diketahui oleh orang lain.

Menurut dia, minat warga terutama yang hadir pada CFD cukup tinggi karena hampir setiap Minggu mobil tersebut menerima curhatan masyarakat.

Selain hadir di CFD, sebagai upaya jemput bola lainnya dilakukan sosialisasi tentang permasalahan sosial dan program-program di Kemensos ke sekolah-sekolah maupun komunitas. (ard)