Kate Middleton Kalahkan Markle Jadi 'Influencer' Kerajaan

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 05/09/2018 14:48 WIB
Kate Middleton Kalahkan Markle Jadi 'Influencer' Kerajaan Kate Middleton (REUTERS/Hannah Mckay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran Meghan Markle sebagai istri adik ipar Kate Middleton di Kerajaan Inggris kerap dianggap menjadi sebuah 'persaingan' tersendiri, khususnya di dunia fesyen.

Masuknya Markle ke Kerajaan Inggris menambah panjang daftar 'saingan' Kate Middleton sebagai seorang anggota kerajaan dengan gaya berbusana yang banyak dipuji-puji, Kate Effect. Sebelumnya, Kate harus bersaing dengan anak-anaknya sendiri, Charlotte dan George sebagai anggota kerajaan yang modis.

Markle sempat dianggap sebagai sosok yang bakal mengubah gaya busana konservatif Kerajaan Inggris dengan gaya yang lebih modern, Markle Sparkle.



Hanya saja yang mengejutkan adalah Kate Effect ternyata berhasil mendepak Markle Sparkle dan memegang trofi juara pertama sebagai anggota keluarga kerajaan dengan gaya busana yang paling berpengaruh alias top royal style influencer.

"Sudah jelas bahwa Meghan menjadi fokus dari berbagai halaman fesyen tahun ini. Namun gaya khas Kate sudah lama menjadi hit dan tren sendiri di antara pembeli di eBay sejak pernikahannya di tahun 2011 lalu," kata Rob Hattrell, wakil presiden eBay di Inggris, dikutip dari Elle.

Ibu tiga anak ini memberikan dampak yang sangat besar kepada kebiasaan belanja dibandingkan dengan Markle. Hal ini diungkap berdasar laporan tahunan eBay Inggris.

Evening Standard melaporkan bahwa gaya busana Kate saat sedang hamil Pangeran Louis adalah busana yang paling banyak dicari di laman belanja online tersebut. Hal ini dibandingkan dengan gaya busana hamil anggota keluarga kerajaan lain selama setahun terakhir.


Menurut hasil riset tersebut, pencarian online terhadap dress hamil ala Kate Middleton menihgkat tiga kali lipat pada 2017 lalu, saat Kate sedang hamil anak ketiganya.

Sementara itu pada April 2018 lalu, penelusuran online untuk gaun rancangan Jenny Packham yang berwarna merah dan dipakai Kate saat menggendong Pangeran Louis meningkat dua kali lipat.

Sepanjang tahun ini, gaun-gaun karya desainer favorit Duchess of Cambridge ini termasuk Jenny Packham, Alexander McQueen, dan Seraphine mengalami kenaikan sampai 20 persen dengan 43 pencarian setiap jamnya.


Di posisi kedua setelah Kate, Meghan Markle ada tepat di bawahnya. Hal ini terjadi setelah pernikahannya dengan Pangeran Harry pada Mei lalu. Gaun pengantin Givenchy yang dipakainya membuat banyak orang yang menelusuri nama sang perancang Claire Waight Keller meroket. Peningkatannya bahkan sampai 60 persen, atau mencapai 55 jam penelusuran online. (chs)