Perancis, Destinasi Wisata Juara Versi UNWTO

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 03/09/2018 13:22 WIB
Perancis, Destinasi Wisata Juara Versi UNWTO Perancis masih menduduki posisi puncah sebagai negara dengan jumlah kunjungan wisatwan terbanyak di dunia. (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun 2017 tren pariwisata dunia sedang menuju ke arah yang baik. Beragam kawasan di penjuru dunia menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan waktu dan uangnya, atas nama pengalaman maupun eksitensi.

Sekali lagi Perancis menjadi destinasi wisata favorit para penduduk dunia. Hal ini bisa terlihat dari riset berjudul Tourism Highlights 2018 Edition, yang dirilis oleh Organisasi Pariwisata Dunia Milik PBB (UNWTO).

Riset tersebut didasari oleh jumlah kujungan wisatawan mancanegara, dan daerah mana saja yang menjadi lokasi kunjungan mereka dalam setahun.


Secara keseluruhan, jumlah kepergian wisatawan meningkat sebanyak tujuh persen dengan jumlah kunjungan sebanyak 1,3 miliar perjalanan internasional.

Berikut adalah lima negara yang menjadi destinasi populer para wisatawan di seluruh dunia, seperti yang dikutip dari Lonely Planet:

Perancis (86,9 juta wisatawan)

Sekali lagi Perancis berhasil menduduki peringkat pertama dalam 'perlombaan' kunjungan wisatawan di dunia.

Hal ini tidak mengherankan mengingat banyak atraksi yang menarik perhatian wisatwan dunia, mulai dari sektor budaya, kuliner, anggur, hingga situs-situs bersejarah.

Spanyol (81,8 juta wisatawan)

Tahun ini Spanyol berhasil menyalip Amerika Serikat dalam posisi ke-dua. Sebagian besar alasan wisatawan yang berkunjung ke Spanyol adalah untuk menikmati pemadangan, keanekaragaman budaya, hingga kuliner.

Selain itu beberapa lokasi terkenal seperti Ibiza dan Lanzarote, menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Amerika Serikat (75,9 juta wisatawan)

Destinasi Wisata Favorit di Dunia Tahun 2017 Hawaii menjadi lokasi wisata pilihan di Amerika Serikat. (Foto: CNN Indonesia/Gilang Fauzi)

Tergeser dari posisi runner up, Amerika Serikat masih menarik bagi lebih dari 75 juta orang di seluruh penjuru dunia.

Los Angeles dan New York adalah tempat yang menjadi pilihan bagi banyak orang.

Tak hanya itu, beberapa lokasi yang populer dengan kegiatan petualangan seperti Alaska dan Hawaii juga menjadi magnet.

China (60,7 juta wisatawan)

Destinasi Wisata Favorit di Dunia Tahun 2017 Kota terlarang di China mampu menarik minat banyak wisatawan di dunia. (Foto: AFP PHOTO / NICOLAS ASFOURI)

China memegang kunci sebagai negara dengan jumlah wisatawan yang bepergian ke luar negeri, terbesar di dunia.

Namun dalam hal penerimaan wisatawan, rupanya China masuk dalam lima besar di dunia.

Italia (58,3 juta wisatawan)

Kota-kota seperti Roma, Floren, Venesia, Bologna, Milan, dan lainnya adalah lokasi yang tidak pernah sepi dari gejolak birahi wisatawan untuk mengyambanginya. Sektor kuliner dan sejarah, menjadi daya tarik wisata yang tidak pernah padam di Italia.

Sementara itu, peringkat keenam sampai kesepuluh ditempati oleh Meksiko (39,3 juta wisatawan), Inggris (37,7 juta wisatawan), Turki (37,6 juta wisatawan), Jerman (37,5 juta wisatawan), dan Thailand (35,4 juta wisatawan).

(agr/ard)