FOTO: Palma de Mallorca, Pulau yang 'Disemuti' Turis

AFP PHOTO/Jaime Reina, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 12:46 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Spanyol didatangi 89 juta turis mancanegara setiap tahunnya. Sebagian besar datang ke Kepulauan Palma de Mallorca.

Antrean turis di Katedral Palma de Mallorca, di Spanyol. Spanyol didatangi 89 juta turis mancanegara setiap tahunnya. Posisinya kini tepat di bawah Perancis sebagai destinasi wisata favorit. Sebagian besar turis datang ke Kepulauan Palma de Mallorca. (AFP PHOTO/Jaime Reina)
Kepulauan Palma de Mallorca merupakan pusat dari empat pulau populer di Spanyol; Mallorca, Menorca, Ibiza, dan Formentera. Kepulauan ini dipadati turis setiap harinya, terkadang sampai menimbulkan masalah keramaian. (AFP PHOTO/Jaime Reina)
Sesaknya jalanan karena turis membuat penduduk lokal merasa
Penduduk lokal bukan membenci turis, tapi kurang sepakat dengan peraturan pemerintah yang tak mengetatkan aturan atas kunjungan turis sehingga banyak penduduk lokal yang merasa dikesampingkan haknya. (AFP PHOTO/Jaime Reina)
Sepasang turis berfoto di pinggir pelabuhan Palma de Mallorca. (AFP PHOTO/Jaime Reina)
Turis terlihat mengerumuni Pantai El Arenal di Mallorca, Spanyol. (REUTERS/Enrique Calvo)
Aksi unjuk rasa kadang membuat takut turis, karena kadang pengunjuk rasa menyerbu restoran dan meneriakkan kalimat-kalimat protes. Mereka mengira itu serangan teroris. (REUTERS/Enrique Calvo)
Selain aturan yang kendor, penduduk lokal juga meminta pemerintah untuk menerapkan standar upah yang sesuai untuk pekerja di industri wisata Spanyol. (REUTERS/Enrique Calvo)