Hari Kesehatan Seksual

Alasan Anda Tak Boleh Cuci Bra Tiap Hari

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 09:51 WIB
Alasan Anda Tak Boleh Cuci Bra Tiap Hari ilustrasi bra (szjeno09190/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika ditanya tentang berapa kali setiap perempuan mengganti bra-nya, jawabannya pasti berbeda-beda.

Ada yang menjawab setiap hari atau ada juga yang menjawab seminggu sekali. Sementara celana dalam harus dicuci dan diganti setiap hari, berapa kali sebenarnya bra ini harus diganti?

Sebenarnya sama seperti celana dalam dan pakaian dalam lainnya, bra juga dipakai setiap hari. Namun perlukah bra dicuci dan diganti setiap kali setelah pemakaian?



Mengutip The Sun, seperti pakaian dalam lainnya, menjaga bra tetap bersih adalah hal yang penting. Namun tak seperti celana dalam, bra bisa dipakai beberapa kali sebelum dicuci.

"Setelah beberapa kali pemakaian, tapi itu juga tergantung pada level aktivitas Anda," kata Lexie Sachs dari Good Housekeeping Institute.

Dia menambahkan, setidaknya setelah 3-4 kali pemakaian atau maksimal setelah 10 hari, bra harus dicuci.

Secara umum, sport bra harus dicuci lebih sering dibanding bra yang dipakai harian.

Sachs mengatakan bahwa Anda juga harus menggunakan 'feeling' ketika harus menentukan kapan saatnya bra harus dicuci. Pasalnya saat pemakaian, bra juga akan kotor karena terkena keringat di area payudara. Karet bra pun akan terlihat kotor dan menimbulkan bau tak sedap.

"Mencuci bra akan menghilangkan minyak dan bakteri yang terakumulasi, jadi semakin banyak minyak yang Anda produksi, maka semakin sering Anda harus mencuci branya," kata dia dikutip dari Huffington Post.

Hanya saja, ini tak berarti Anda bisa mencuci bra sembarangan. Mencuci bra terlalu sering akan berdampak buruk pada elastisitas bra.


"Terlalu sering mencuci akan menghilangkan elastistas bra. Padahal elastisitas ini penting untuk mendukung payudara."

"Setidaknya Anda harus punya beberapa buah bra untuk dipakai bergantian. Tujuannya untuk menghindari stres elastisitas bra. Namun pakai bra dua hari berturut-turut bukanlah masalah." (chs)