Hari Kesehatan Seksual

Makanan Penjaga Kesehatan Seksual dan Peningkat Libido Pria

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 13:56 WIB
Makanan Penjaga Kesehatan Seksual dan Peningkat Libido Pria ilustrasi (PublicDomainPictures/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Kesehatan Seksual. Di tanggal ini, pasangan kembali diingatkan tentang pentingnya menjaga kesehatan seksual.

Kesehatan seksual ini bisa dijaga dengan menyantap berbagai makanan sehat. Tak dimungkiri, aneka makanan yang tak sehat bakal membuat Anda, khususnya para pria mengalami disfungsi ereksi dan gangguan kesehatan seksual pria lainnya.

"Makan makanan yang mengandung asam omega-3 (untuk meningkatkan aliran darah ke penis) bisa meningkatkan libido pria," kata Deepak Arora Chandigarh, praktisi kesehatan seksual dikutip dari The Quint.



Sebaliknya, ada beberapa makanan yang tak disarankan agar tak mengganggu kesehatan seksual kaum pria.

Avni Kaul, nutrisionis dan ahli kesehatan mengungkapkan bahwa makanan yang baik untuk jantung berarti baik untuk penis. Ini adalah aturan dasarnya.

"Konsumsi makanan yang kaya dengan lemak dan kalori tinggi dikombinasikan dengan gaya hidup sedenter bisa memicu sakit jantung dan juga ukuran penis yang kecil. Kurang olahraga atau aktivitas fisik juga meningkatkan kolesterol ke arteri dan mengurangi aliran darah ke penis," katanya.

Dengan kata lain, makanan yang mengandung kalori tinggi bisa menyebabkan turunnya kesehatan seksual.

Berikut beberapa makanan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan seksual pria sekaligus juga meningkatkan gairah serta libido seksual kaum pria.

1. Apel
Apel tak cuma berguna untuk meningkatkan kekuatan otot dan ukuran organ, tapi juga menjaganya di usia tua.

"Apel kaya dengan falvonoid yang mencegah seksresi spesifik prostat, regulasi androgen, tumor prostat, sampai menurunkan kanker prostat," kata Kaul.


2. Pisang
Pisang mengandung senyawa yang disebut bromelain yang berguna sebagai anti inflamasi dan efek pengencer darah untuk membantu meningkatkan testosteron. Pisang juga dikenal mengandung potasium tinggi yang krusial untuk sirkukasi darah yang berdampak pada kesehatan seksual."

3. Bit
Bit mengandung nitrat yang berperan sebagai vasodilator. Ini berguna untuk membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke penis.

4. Brokoli
Tak cuma berperan untuk mengatasi kanker, sayuran ini juga mengandung banyak serat untuk membantu Anda merasa lebih cepat kenyang lebih lama. Namun brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan terbukti meningkatkan libido.

5. Wortel
"Wortel mengandung vitamin A yang membantu mensintesis hormon seks progesteron dan menstimulasi produksi sperma," ucap Prakash Kothari, ahli kesehatan seksual.

6. Kacang mete
kacang mete merupakan sumber tepat untuk seng. Seng adalah nutrisi tepat untuk membangkitkan gairah pria.

7. Cabai
Studi membuktikan bahwa pria yang makan banyak makanan pedas dan juga saus pedas memiliki hormon testosteron yang tinggid alam tubuhnya. Hal ini disebabkan karena komponen yang disebut sebagai capcaisin dalam cabai.


8. Ayam dan telur
Ayam mengandung vitamin B3 yang bisa membuat aliran darah ke kulit dan membran mukus jadi lebih lancar. Hal ini akan membantu orgasme pria.

9. Bawang putih dan merah
Kedua jenis bawang ini mengandung komponen kuat yang disebut allicin. Senyawa ini akan membantu menenangkan arteri, memperlancar aliran darah, dan meningkatkan sirkulasi untuk membantu ereksi.

10. Alpukat
Alpukat mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu vitamin B6 juga terkandung dalam buah yang nikmat ini. Diketahui, vitamin B6 akan membantu meningkatkan libido.

11. Kacang-kacangan
Prakash Kotari mengungkapkan bahwa kacang-kacangan mengandung asam amino I-arginine yang membantu membuat tubuh lebih santai. Saat arginine sudah dikonsumsi, tubuh akan mengubahnya menjadi nitric oxide, bahan yang terkandung dalam viagra. (chs)